Pengawasan Keamanan Pangan: Uji Formalin Negatif

Sabtu, 14 April 2018 11:15:57 - Oleh : Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo | Kontributor : Sitasari Nurhayati, S.Pt, M.Sc.

Petugas dari Satpol PP dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo sedang melakukan uji formalin pada sampel produk perikanan

WASPADA PERALIHAN MUSIM

Bimbingan Teknis Hama Penyakit Ikan Lele

Foto Event Report : Gemarikan dan Lomba Cipta Menu Ikan

Merajut Jaring……Menggapai Harapan…

Sosialisasi TPUPI

 

Hari Jumat tanggal 13 April 2019 dilaksanakan pengawasan terpadu kemananan pangan terhadap produk hasil perikanan di pasar Ngentakrejo Lendah dan pasar Brosot Galur. Pengawasan terpadu yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan bersama dengan SATPOL PP ini dilaksanakan secara rutin menggunakan dana APBD Kabupaten Kulon Progo.
Uji formalin di lakukan pada 3 sampel yang di jual oleh dua pedagang di pasar Ngentakrejo Lendah dan 5 sampel dari dua pedagang di pasar Brosot, Galur. Seluruh sampel (Ikan asin teri gundul, srinding, dan petek) semuanya dinyatakan negatif mengandung formalin.

Demikian yang disampaikan oleh salah satu petugas dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo Ibu Lely Marwati, Kasie. Pengembangan Usaha Perikanan.

Pemantauan keamanan pangan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo ini memang dilakukan rutin secara terpadu bersama OPD lain seperti POLPP, Dinkes, Disperindag, Bag Perekonomian Set Da KP, dan Dinas Pertanian dan Pangan. Belum bisa dilakukan penindakan kalau ditemukan positif formalin karena kemanan pangan di Kabupaten Kulon Progo belum ada perda tentang pengawasan keamanan, namun demikian tetap dilakukan pembinaan bagi pedagang yang terlibat. Selain itu, manfaat dari pemantauan keamanan pangan yaitu meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan pedagang tentang bahaya penggunaan bahan tambahan pangan yang berbahaya khususnya formalin dalam bahan pangan ikan.

Para konsumen diharapkan tetap terus mengkonsumsi bahan pangan ikan dan tidak khawatir terhadap kemananannya.

AYOO... MAKAN IKAN...

 

 

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak