Pelatihan dan Fasilitasi Alat Pengolah Ikan di Kabupaten Kulon Progo

Selasa, 6 Agustus 2019 13:48:31 - Oleh : Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo | Kontributor : Abdurohman

Organisasi

Sekertaris Dinas

Kabid Budidaya

Kabid Kelautan

Dislautkan DIY bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo mengadakan Pelatihan dan Fasilitasi Alat Pengolah Ikan Bagi Pemula di Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan ini  merupakan  kegiatan tahunan yang didanai dari APBD provinsi. Sampai tahun 2019 telah mencapai angkatan yang ke lima di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan tiga hari yaitu pada tanggal 29-31  Juli 2019 di Pasar Ikan Gawok Wates Kulon Progo. Peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan tiga kelompok pengolah hasil perikanan pemula di Kabupaten Kulon Progo. Tiga kelompok tersebut adalah kelompok Putri Barokah, Putri Makmur sari, dan Anisa.

Ketiga kelompok memperoleh materi pelatihan olahan ikan yaitu pembuatan Krispy Red Devil, krispy Wader, Otak Otak Bandeng, Bakso, Tahu Bakso, Nugget dan Kaki Naga. Selain paraktik pengolahan peserta juga memperoleh pelatihan packing dan labeling produk, manajemen keuangan kelompok, santasi dan higienitas UPI.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo Ir. Sudarna MMA di Kulon Progo, menyampaikan dalam sambutanya bahwa peluang dan pemasaran produk olahan di Kulon Progo sangat potensial sehingga dibutuhkan kelompok pelaku usaha olahan yang mampu memanfaatkan potensi peluang pasar tersebut. Pentingnya pengolahan produk hasil perikanan selain membuat produk yang memiliki umur simpan yang lama tetapi juga meningkatkan nilai ekonomis dari produk perikanan.

Kedepannya diharapkan ketiga kelompok yang memperoleh pelatihan ini dapat mengembangkan produk-produk olahan perikanan di Kabupaten kulon Progo dan mampu bersaing di pasaran.

« Kembali | Kirim | Versi cetak