Ikan Sehat, Produksi Meningkat

Senin, 26 Agustus 2019 09:17:53 - Oleh : Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo | Kontributor : drh. Retno Wahyuni

Organisasi

Sekertaris Dinas

Kabid Budidaya

Kabid Kelautan

Dalam rangka peningkatan produksi ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Bimbingan Teknis Hama dan Penyakit Ikan di Pasar Ikan Gawok pada tanggal 19 Agustus 2019. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan pembudidaya ikan di Kulon Progo.

Hadir dari Dinas Provinsi DIY, yaitu Ibu Astuti S.P. dan Ibu Fitriani Yulaeni, A. Md. Ibu Astuti menyampaikan materi tentang kesehatan ikan, meliputi pencegahan dan penanganan penyakit ikan. Beliau juga memperkenalkan berbagai macam suplemen kesehatan ikan, seperti vitamin, probiotik, dan obat-obatan. Dalam memilih produk pendukung budidaya ikan, pembudidaya harus memperhatikan ada tidaknya registrasi produk. Selanjutnya, peserta melakukan praktek aplikasi berbagai suplemen tersebut. Dengan demikian, diharapkan para peserta dapat memanfaatkan produk tersebut dengan benar.

Sesi ke-3 diisi oleh Bapak Sugiharto dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo. Beliau menyampaikan tentang manajemen kesehatan lingkungan. Berbagai parameter seperti pH, kandungan oksigen, kandungan amoniak, suhu, dan lain sebagainya sangat mempengaruhi keberhasilan budidaya perikanan. Sebelum acara ditutup, para peserta berdiskusi dengan para narasumber mengenai permasalahan yang dihadapi di lapangan.

Setelah acara ini, para peserta diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk mengembangkan usaha perikanan. Pemahaman yang baik tentang kesehatan ikan dan lingkungan adalah salah satu pondasi keberhasilan budidaya perikanan. Dengan demikian masalah kematian ikan akibat penyakit dapat ditekan, otomatis produksi ikan dapat meningkat.

Foto 1. Penyampaian materi oleh Ibu Astuti, SP. Tentang manajemen kesehatan ikan.

Foto 2. Penyampaian materi oleh Bpk. Sugiharto tentang manajemen lingkungan budidaya

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak