Pelatihan Kesehatan Ikan dan Lingkungan Budidaya Kerja sama DKP KP dengan UGM

Senin, 26 Agustus 2019 09:28:25 - Oleh : Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo | Kontributor : drh. Retno Wahyuni

Bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo,Ir. Sudarna,MMA. berikut para narasumber Prof. Rustadi,Dr. Bambang,dan Dr. Istiqomah

Organisasi

Sekertaris Dinas

Kabid Budidaya

Kabid Kelautan

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo (DKP KP) bekerjasama dengan Departemen Perikanan Fakultas Pertanian UGM menyelenggarakan pelatihan kesehatan ikan dan lingkungan budidaya pada hari Senin-Kamis tanggal 12-15 Agustus 2019. Peserta terdiri dari petugas kesehatan ikan dan lingkungan DKP KP, petugas penyuluh lapangan (PPL) dan petugas penyuluh bantu (PPB) perikanan kabupaten Kulon Progo.

Acara ini menghadirkan bapak/ibu dosen Departemen Perikanan UGM. Merupakan kehormatan bagi kami karena guru besar Prof. Dr. Ir. Rustadi, M.Sc. berkenan hadir untuk memberikan wawasan tentang rekayasa budidaya ikan. Dosen lain yang berkenan memberi materi, yaitu Dr. Ir. Hardaningsih, M.Si., Indah istiqomah, S.Pi., M.Si., Ph.D., Dr. Bambang Triyatmo, M.P., Dr. Ir. Alim Isnansetyo, M. Sc., Dr.Ir. Murwantoko, M.Si., Dr. Dini Wahyu Kartika Sari, S.Pi., M.Si., dan Ir. Sukardi, M. P.

Pada hari pertama, hari Senin tanggal 12 Agustus 2019, pemateri bersama peserta mengunjungi kolam pembudidaya di Kalibawang, Pengasih, Panjatan, dan Galur. Dari hasil kunjungan lapangan ini, didapatkan beberapa catatan permasalahan, untuk kemudian didiskusikan pada pelatihan hari selanjutnya.

Pada hari Selasa-Rabu tanggal 13-15 Agustus 2019, acara diselenggarakan di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten DIY. Pada kesempatan ini, para peserta antusias menyimak materi tentang kesehatan ikan dan lingkungan budidaya, sekaligus sharing permasalahan perikanan yang ditemui di lapangan. Acara ini diselenggarakan dengan maksud meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas perikanan Kabupaten Kulon Progo sehingga dapat memaksimalkan peran sebagai pendamping usaha perikanan.

Foto 1. Kunjungan Lapangan ke Pokdakan Manunggal Roso, Ngrajun, Banjarharjo, Kalibawang

Foto 2. Kunjungan ke Kelompok Mina Tegal Abadi, Salam, Banjarharjo, Kalibawang

Foto 3. Kunjungan lapangan ke Mina Tirta Laras, Krembangan, Panjatan

Foto 4. Kunjungan Lapangan Ke Mina Ngremboko, Kranggan, Galur

Foto 5. Bersama para narasumber Dr. Alim, Dr. Murwantoko, Ir. Sukardi Foto

6. Bersama para narasumber Dr. Hardaningsih dan Dr. Dini Foto

7. Peserta antusias menyimak penyampaian materi

« Kembali | Kirim | Versi cetak