Pelatihan Pembuatan Jaring Bawal Laut

Selasa, 27 Agustus 2019 09:02:58 - Oleh : Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo | Kontributor : Ratri Sundari, S.Pi

Organisasi

Sekertaris Dinas

Kabid Budidaya

Kabid Kelautan

Kulon Progo merupakan wilayah yang mempunyai laut yang berpotensi untuk dimanfaatkan, salah satunya untuk kegiatan penangkapan ikan. Potensi perikanan tagngkap di Kulon Progo sangat beragam, seperti ikan Bawal Laut yang harganya bisa mencapai Rp. 500.000,00 per kg nya. Untuk mendukung pengoptimalan kegiatan penangkapan yang ada di Kulon Progo ini, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pembuatan Alat Tangkap Jaring, khususnya untuk jaring Bawal Laut. Kegiatan ini di fokuskan untuk nelayan baru yang ada di Kulon Progo agar lebih terampil dalam membuat alat tangkap secara mandiri, serta bagaimana proses perawatan, penyimpanan dan perbaikan jaring yang benar, sehingga umur dari alat tangkap tersebut bisa lebih lama. Jaring insang ada bermacam-macam ukuran, tergantung target tangkapan. Di Kulon Progo sendiri yang menjadi tangkapan primadona adalah bawal laut, menggunakan alat tangkap jaring insang ukuran 4,5 sampai dengan 5,5 inch.

Bimbingan Teknis Rancang Bangun Pembuatan Jaring Bawal Laut dilaksanakan pada 14 – 15 Agustus 2019 bertempat di UPT TPI Karangwuni. Sebanyak 15 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini dari sepanjang pesisir Kulon Progo, difokuskan untuk nelayan baru. Ada beberapa nelayan berpengalaman yang diikutkan, untuk membantu dalam kegiatan ini ketika merumuskan kontruksi alat tangkap yang akan dibuat saat perancangan jaring, dan membantu nelayan baru dalam pembuatan jaring ini. Karena pada kenyataannya, konstruksi jaring di tiap-tiap wilayah berbeda-beda sesuai medan yang akan digunakan untuk kegiatan penangkapan ikan tersebut. Jaring yang dibuat dalam kegiatan ini adalah jaring insang ukuran 5,5 inch untuk penangkapan bawal laut. Tiap peserta sudah disiapkan alat dan bahan untuk pembuatan jaring insang tersebut sesuai instruksi dari narasumber. Narasumber yang mengisi kegiatan ini adalah Drs. Munasor, MM dan Miftah, A.Md dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal. Diharapkan kegiatan ini bisa meningkatkan keterampilan nelayan untuk menunjang peningkatan produksi perikanan tangkap.

Foto 1. Proses Pemasangan Pelampung Jaring Gillnet

Foto 2. Proses Perhitungan Jumlah Mata Jaring untuk Menentukan Panjang Tali yang Dibutuhkan

Foto 3. Teknik Memperbaiki Jaring yang Rusak

Foto 4. Proses Pemasangan Pemberat Jaring Gillnet

Foto 5. Teknik Sambung Tali Ris Atas dan Ris Bawah

« Kembali | Kirim | Versi cetak