WASPADA PERALIHAN MUSIM

Rabu, 30 Mei 2018 13:36:48 - Oleh : Bidang Pembudidayaan Ikan

 

I

kan merupakan hewan berdarah dingin. Suhu tubuhnya sangat bergantung pada kondisi lingkungan. Padahal, suhu tubuh berpengaruh langsung pada metabolisme tubuh. Kondisi lingkungan yang optimal mutlak diperlukan agar ikan hidup dengan baik.

Masa peralihan musim seperti sekarang, perlu diwaspadai para pemilik/pembudidaya ikan. Pada masa seperti ini, fluktuasi (perubahan) suhu sangat ekstrim. Suhu lingkungan dapat berubah sangat cepat dari malam ke siang ataupun sebaliknya. Pada siang hari suhu sangat panas dan malam hari suhu sangat dingin. Kondisi ini mengakibatkan ikan stress mengingat suhu tubuh ikan tergantung pada suhu lingkungan. Ikan yang stres tidak akan mempunyai pertahanan tubuh yang baik. Akibatnya, agen patogen seperti parasit, jamur, bakteri, bahkan virus sangat mudah menyerang ikan.

Kondisi lingkungan yang kurang optimal tidak bisa kita hindari. Karena itu, pembudidaya disarankan melakukan tindakan antisipasi agar tidak terjadi wabah penyakit yang merugikan. Beberapa tindakan yang kami sarankan diantaranya :

1.    Jaga kualitas air

Kotoran dan sisa pakan di dalam kolam merupakan sumber amoniak yang berbahaya bagi ikan. Karena itu perlu dilakukan pergantian air pada waktu yang tepat. Jika air sudah mulai berbau dan terlihat pekat, sebaiknya air segera diganti. Gunakan probiotik secara rutin untuk mengontrol amoniak di dalam kolam. Penggunaan antiseptik alami seperti fermentasi debog pisang juga sangat bermanfaat untuk mengontrol parasit, sekaligus pH dalam air.

2.    Kurangi kepadatan ikan

Semakin banyak  ikan, oksigen yang dibutuhkan semakin banyak, kotoran yang dihasilkan juga semakin banyak. Jika luas tempat tinggal mereka sempit, dapat dipastikan ikan mudah sekali stres.

3.    Beri tambahan vitamin

Kondisi lingkungan yang tidak menentu menurunkan sistem pertahanan tubuh ikan. Vitamin  B dan C sangat diperlukan untuk meningkatkan pertahanan tubuh.  Dengan demikian, ikan tidak mudah terserang penyakit.

4.    Kurangi jumlah pemberian pakan

Penurunan suhu akan menurunkan nafsu makan ikan. Pakan yang tidak termakan akan mengendap dan menjadi faktor memburuknya kualitas air. Pemberian pakan hendaknya dikurangi sehingga tidak banyak pakan yang tersisa di dalam kolam.

 

Demikian tips adaptasi berbudidaya ikan sebagai antisipasi perubahan kondisi lingkungan. Kita yang harus jeli dan kreatif sehingga musim tidak akan mempengaruhi kegiatan budidaya ikan.

« Kembali | Kirim | Versi cetak