Cegah Penyakit Ikan dengan Vaksin: Sosialisasi Vaksinasi Ikan

Mencegah lebih baik daripada mengobati juga menjadi slogan dalam manajemen pemeliharaan ikan. Vaksinasi merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah penyakit ikan. Namun, cara ini belum familier di kalangan pembudidaya ikan di Kabupaten Kulon Progo. 

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo mengadakan acara Sosialisasi Vaksinasi Ikan pada tanggal 18 Maret 2019 di Pasar Ikan Gawok (PIGa) Wates. Acara ini bertujuan mensosialisasikan vaksinasi  ikan. 

Peserta terdiri dari 30 pembenih ikan di Kulon Progo. Hadir sebagai pemateri yaitu Ibu Astuti, S.Pi. dan Ibu Latifah , S.Pi. dari Balai Pengembangan Teknologi Perikanan dan Budidaya (BPTPB) Cangkringan, Sleman. Selain diberi materi teori, para peserta juga diberi materi praktek vaksinasi ikan.

Para pemateri menyampaikan berbagai kelebihan vaksinasi. Ikan yang sudah tervaksin mempunyai kekebalan terhadap penyakit tertentu sehingga mengurangi penggunaan obat. Selain itu, vaksin bukan merupakan obat, sehingga tidak menimbulkan residu berbahaya.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, sudah saatnya vaksinasi ikan menjadi pencegahan pokok penyakit ikan. Vaksinasi tidak hanya aman, namun juga ekonomis dibandingkan dengan keuntungan yang akan kita dapat. Jika ada yang bilang vaksinasi ikan ribet, maka ada pepatah ‘ala bisa karena biasa’. Tidak ada yang sulit jika kita terbiasa.

 

Gambar 1. Penyampaian materi oleh Ibu Astuti, S.Pi.

 

Gambar 2. Praktek Vaksinasi pada induk lele

 

Gambar 3. Peserta sibuk mendengarkan materi

 

Gambar 4. Penyampaian materi oleh Ibu Latifah, S.Pi.

 

Gambar 5. Praktek Vaksinasi pada induk lele