ASESMEN SERTIFIKASI CBIB DI KALIBAWANG

Aris Kristiawan, S.Pi., yang merupakan asesor Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) melakukan penilaian lapang dan asesmen pembudidaya ikan di Kalibawang. Aris Kristiawan, S.Pi., didampingi oleh Ibnu Budiono, S.Pt (penyuluh perikanan Kalibawang), Wakhid Purwosubiantar, SPT., MM., Budiyo, Deni Artantri, S.Tr.Pi dan Mega Dissa A., S.Pi., M.Si. (Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo).  Penilaian lapangan dalam rangka pengajuan sertifikasi CBIB dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 25 April 2019.

            Penilaian lapangan ini dilakukan di kolam budidaya milik bapak Engkos Kosasih, Sarji, Martono, dan Giyanto di Ngrajun, Banjarharjo, Kalibawang.  Pembudidaya tersebut sebelumnya sudah pernah mengikuti pelatihan CBIB di Pasar Ikan Nanggulan yang diadakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo.

Pertama asesor melihat dokumen pengajuan sertifikasi yang telah diisi oleh pemilik kolam (asesi). Setelah semua data terisi lengkap maka asesor akan mewawancarai asesi, melakukan pemeriksaan catatan selama 1 (satu) siklus produksi, melihat dan mengamati sarana dan prasarana serta lingkungan sekitar serta mengisi checklist secara lengkap.  Kemudian asesor akan menulis bukti kesesuain dan ketidaksesuaian dilengkapi dengan penjelasan masalah dan penanggung jawab dari bukti temuan serta acuan/SPO (PLOR-problem, location, objective evidence, reference) yang dilanggar. Ketika asesmen lapangan sudah selesai, asesor akan merangkum temuan dengan menyalin PLOR dalam laporan hasil asesmen, menyampaikan kepada asesi untuk disepakati dan ditandatangani bersama.

Laporan hasil asesmen akan dibuat 2 (dua) rangkap, 1 (satu) untuk asesi dan 1 (satu) lagi untuk asesor. Asesi akan diberikan kesempatan melakukan perbaikan dan menyampaikan laporan tindakan perbaikan kepada asesor dalam jangka waktu yang telah disepakati, paling lambat 1 (satu) bulan setelah pelaksanaan asesmen, dengan menyerahkan bukti perbaikan (surat keterangan/penyataan, hasil uji laboratorium, gambar perbaikan fisik di lapangan sesuai temuan ketidaksesuaian).

Asesor melakukan peninjauan terhadap laporan tindakan perbaikan paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah laporan tindakan perbaikan diterima, dengan melengkapi laporan tindakan perbaikan dan peninjauan. Kemudian hasil perbaikan tersebut akan disampaikan kepada Direktur Produksi melalui Sekretariatan dan akan diteruskan ke tim reviewer untuk pemeriksaan. Berdasarkan rekomendasi tim reviewer, Direktur akan menyampaikan memorandum hasil asesmen dan penerbitan sertifikasi CBIB kepada Direktur Jenderal. Sertifikat akan diberikan kepada pembudidaya ikan yang dinyatakan lulus dan memenuhi persyaratan CBIB.

 

Foto 1. Penilaian di kolam persegi oleh asesor

 

Foto 2. Peninjauan kolam bulat oleh asesor CBIB dan PPL Kalibawang

 

Foto 3. Proses pengisian dokumen CBIB oleh tim asesor