KARTU KUSUKA

Penyaluran Kartu KUSUKA tahap I di Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 12 November 2019 sebnyak 192 kartu di Pelabuhan Tanjung Adikarto. Pelaku usaha kelautan dan perikanan ini meliputi nelayan, pembudidaya ikan dan pemasar dan pengolah di wilayah Kecamatan Galur, Panjatan, Wates dan Temon.

Kartu KUSUKA berfungsi sebagai identitas profesi Pelaku Usaha di bidang Kelautan dan Perikanan; basis data untuk memudahkan perlindungan dan pemberdayaan, pelayanan, dan pembinaan kepada Pelaku Usaha di bidang Kelautan dan Perikanan; dan sarana untuk pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program Kementerian. Ruang lingkup Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan yang berhak mendapatkan kartu KUSUKA berbentuk orang perseorangan atau korporasi yang meliputi : Pembudidaya ikan, Petambak garam, pengolah ikan, pemasar perikanan dan penyedia jasa pengriman produk kelautan dan perikanan.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 39/2017 tentang Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan sebagai landasan hukum pelaksanaan kegiatan Kartu KUSUKA baik di Pusat maupun di daerah yang diundangkan dan mulai berlaku pada tanggal 5 September 2017. Sebelumnya KKP pernah menerbitan beberapa Kartu identitas profesi untuk masing-masing Pelaku Usaha berdasarkan Unit eselon I teknis.

Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) mempunyai sejumlah manfaat bagi pemiliknya di antaranya yaitu sebagai kartu tanda pengenal, syarat pembuatan asuransi dan bantuan, serta bisa dipakai untuk kartu ATM.

Adapun Tujuan Kartu KUSUKA antara lain:

  1. Meningkatkan pelayanan kepada pelaku usaha kelautan dan perikanan;
  2. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi program lintas Eselon I dalam lingkup KKP baik dari segi data ataupun dari segi anggaran;
  3. Instrument harmonisasi kebijakan serta standarisasi kartu yang diterbitkan oleh KKP;
  4. Melengkapi pendataan data identitas pelaku usaha kelautan dan perikanan termasuk menghindari Redundansi Data;
  5. Meningkatkan kemungkinan bekerja sama dengan berbagai mitra seperti perbankan.