Monitoring Kesehatan Ikan dan Lingkungan ke Pondok Pesantren

Monitoring kesehatan ikan dan lingkungan di bulan Januari 2020 dilakukan pada unit-unit usaha budidaya lele di tiga Ponpes penerima Bantuan Sarana Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2019. Ketiga Ponpes tersebut yaitu Ponpes Al-Muhsin yang beralamat di Banaran Galur, Ponpes Daarul Amni Bumirejo, Lendah, dan Ponpes Al Manar Pengasih, Pengasih. Masing-masing unit terdiri dari 8 kolam terpal berdiameter 3 meter yang masing-masing diisi 2500 ekor benih lele.

Kegiatan monitoring meliputi pengambilan sampel ikan untuk dicek ada atau tidaknya parasit ikan, serta pengecekan kualitas air. Parameter air yang dicek yaitu pH, suhu, salinitas, dan kandungan oksigen.

Dari hasil pengecekan tersebut, beberapa sampel positif parasit ikan dengan tingkat serangan ringan. Meski tidak bisa diabaikan, hal ini masih dapat ditolerir. Kondisi stres karena perubahan lingkungan dari tempat asal ke tempat yang baru akan menurunkan imunitas tubuh ikan. Dalam kondisi seperti ini, wajar jika ditemukan parasit. Hanya saja, kondisi ini harus segera diantisipasi dengan menjaga kualitas air, menambah vitamin pada pakan, dan pengendalian parasit dengan pemberian antiseptik seperti garam, blue copper, atau bahan alami, salah satunya fermentasi debog pisang.

Sedangkan dari hasil pengecekan kualitas air diketahui sebagian besar sudah baik. Hanya ada beberapa kolam yang kandungan oksigennya kurang optimal. Hal yang dapat dilakukan untuk menambah kandungan oksigen dalam kolam diantaranya menambahkan aerasi atau kricik.

Pada monitoring kali ini juga didapatkan kematian ikan yang disebabkan karena grading dilakukan terlalu cepat saat suhu sedang terik. Cara pemberian pakan juga perlu dilihat dari kondisi ikan. Jika kesehatan ikan tidak begitu baik, disarankan pakan dikurangi atau dihentikan sampai kondisi membaik.

Secara umum, monitoring di ketiga unit usaha budidaya tersebut menunjukkan hasil yang baik, namun masih perlu ditingkatkan. Kualitas air yang merupakan kunci kesehatan ikan harus selalu dijaga, terutama dengan cara disiplin menjalankan Cara Budidaya Ikan Yang Baik (CBIB).

Monitoring Keskanling di Pondok AL-Manar Pengasih

Monitoring Keskanling di Pondok AL-Manar Pengasih

Monitoring Keskanling di Ponpes Daarul Amni Bumirejo, Lendah

Monitoring Keskanling di Ponpes Daarul Amni Bumirejo, Lendah

Monitoring Keskanling di Ponpes Al-Muhsin yang beralamat di Banaran Galur