Giat Verifikasi Kelompok Baru Bidang Perikanan

Dinas Kelautan dan perikanan Kabupaten Kulon Progo, melalui Bidang pengembangan usaha perikanan sedang fokus memverifikasi kelompok baru bidang perikanan, pembudidaya ikan, usaha bersama, serta pengolah dan pemasaran hasil perikanan.  Verifikasi kelompok dilakukan di Pokdakan Mina Sejahtera, Galur, Kulon Progo.

"Verifikasi ini sengaja kami lakukan agar pemerintah memiliki data yang valid terkait jumlah dan kelompok yang ada pada bidang perikanan. Sehingga apabila ada bantuan yang disalurkan nantinya, benar-benar tepat sasaran, " Kata Sudarmanto, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perikanan, Dinas Kelautan dan perikanan Kabupaten Kulon Progo.

Verifikasi  dilakukan secara berkala untuk memastikan keaktualan kelompok perikanan tersebut, sehingga dapat terhindar dari penyaluran bantuan yang salah sasaran. Dinas Kelautan dan perikanan bersama  penyuluh perikanan melakukan verifikasi kelompok baru secara bertahap agar didapat data yang valid, terutama data terkait di permohonan dan di lapangan.

Sudarmanto  menjelaskan, verifikasi akan dilakukan bersama penyuluh perikanan, karena hal tersebut memang merupakan tugas dan kewenangan mereka. "Hal tersebut menjadi kewenangan para penyuluh karena dalam pembentukan sebuah kelompok, surat keputusan (SK) yang dikeluarkan berasal dari kepala desa atau lurah dan harus difasilitasi atau rekomendasi dari penyuluh," ujarnya.

Hasil dari verifikasi kelompok perikanan ini adalah diterbitkanya tanda registrasi kelembagaan perikanan untuk kelompok yang diverifikasi. Tanda registrasi kelembagaan perikanan menjadi bukti bahwa kelompok tersebut diakui keberadaanya dan menjadi salah satu penguat ketika mengajukan permohonan bantuan.

Bantuan yang diberikan kepada kelompok biasanya berasal dari berbagai sumber dana, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten. Pemerintah ingin agar bantuan dapat tersalurkan secara tepat sehingga pemanfaatannya pun dapat dilakukan secara maksimal.

            Bantuan yang diberikan pemerintah kepada kelompok yang ada di bidang perikanan, bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mendorong aktivitas para anggotanya dalam berusaha dan pada akhirnya mampu membuat mereka mandiri serta menjadi lebih sejahtera. (Binus_DKP)