Pembinaan UPI: Pentingnya Identitas Produk

Dinas Kelautan dan perikanan Kabupaten Kulon Progo, melalui Bidang pengembangan usaha perikanan melakukan pembinaan unit pengolahan ikan (UPI). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada kelompok tentang faktor kelembagaan dan ekonomi agar kelompok menjadi dinamis dan dapat memberikan peningkatan pendapatan anggota kelompok.           

Kegiatan pembinaan ini berada di UPI Sido Makmur, Patuk, Tirtorahayu, Galur, Kulon Progo. UPI ini memproduksi aneka olahan krispy ikan, mulai dari krispy wader kali, krispy wader Laut, belut goreng, udang goreng,dan  krispy keting.

Kegiatan promosi dan inovasi produk perlu di tingkatkan dalam meningkatkan pemasaran produk perikanan. UPI harus memiliki identitas yang kuat dalam produknya.  Hal yang menarik dari upi Sido Makmur ini adalah produk Belut Goreng. Produk ini berbeda dari yang lain dikarenakan digoreng tanpa tepung seperti pada umumnya. Produk belut goreng ini dilakukan penanganan khusus sehingga menjadikan salah satu unggulan dari UPI sido makmur.  Hal seperti ini penting dimiliki oleh setiap UPI agar mampu bersaing di pasar.

Gambar 1: Produk Belut Goreng Sido Makmur

Setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan harus dipikirkan dengan matang di meja tim perusahaan. Bagaimana suatu produk itu bisa menghasilkan branding yang kuat. Maka untuk menciptakan hal tersebut digunakanlah product identity. Bisa dengan melihat merek, logo hingga tagline produk tersebut. Inilah yang dinamakan identitas suatu produk untuk branding. Dalam membuat identitas tidak hanya berhenti pada merek atau logo saja. Namun, juga konsep warna, desain hingga pemilihan bahan. Hal ini akan menjadikan sebuah produk memiliki ciri khas tertentu sehingga masyarakat akan lebih mengenal produk tersebut.