Pembinaan Pedagang Ikan di Pasar Tradisional

Dinas Kelautan dan perikanan Kabupaten Kulon Progo, melalui Bidang pengembangan usaha perikanan melakukan pembinaan pedagang ikan segar Pasar Wage Pengasih, Kulon Progo. Pedagang diberi pengertian bahwa ikan yang mengandung formalin sangat berbahaya bagi kesehatan, bila dengan sengaja menjual ikan yang mengandung formalin bisa kena sangsi hukum.

Pembinaan dan pengawasan produk perikanan ini sangat penting sekali berkaitan dengan  keamanan dan perlindungan terhadap konsumen, harapannya agar masyarakat yang mengkunsumsi ikan terhindar dari bahaya keracunan dan secara jangka panjang juga terhindar dari efek residu bahan tambahan yang berbahaya bagi manusia

Selain itu dalam pembinaan ini, di tekankan pelaku usaha perikanan agar memperhatikan perilaku terhadap keamanan pangan agar aman dan layak dikonsumsi supaya tidak membahayakan manusia. Selain itu dalam penjualan ikan segar , pedagang ikan harus tetap memperhatikan system rantai dingin salah satunya dengan menggunakan es.

Simatupang (2016) menjelaskan bahwa rantai dingin adalah bagian dari rantai pasok (supply chain) yang bertujuan untuk menjaga suhu agar produk tetap terjaga selama proses pengumpulan, pengolahan, dan distribusi komoditas hingga ke tangan konsumen, sedangkan manajemen rantai dingin adalah seluruh aktivitas rantai pendingin yang dianalisis, diukur, dikontrol, didokumentasikan, dan divalidasi agar berjalan secara efektif dan efisien baik secara teknis dan ekonomis. Harapanya  dengan menerapkan system rantai dingin akan menghasilkan produk dengan kualitas yang baik.