Pelatihan Pengelolaan Limbah Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo (DKP KP) mengadakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Limbah Perikanan  pada tanggal 13 Agustus 2020 di Pokdakan Iwak Banyu, Ngestiharo, Wates. Acara ini bertujuan memberi wawasan mengenai pengelolaan limbah perikanan. Peserta terdiri dari para pembudidaya ikan di Wates, Kulon Progo. Narasumber yang hadir antara lain Dr. Bambang Triyatno dan Dr. Ign. Hardaningsih dari UGM. Dari BAPPEDA Kulon Progo hadir Bpk Insan Hidayat, S. Sos, MPP, MPA dan dari Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo hadir  Ibu Rr. Heni Hernawati, SP, M.Si.

Limbah budidaya perikanan berupa air bekas budidaya sangat sayang jika dibuang begitu saja. Kandungan N dan P yang tinggi sangat baik digunakan untuk pupuk. Apalagi di daerah Wates, sebagian besar pembudidaya mempunyai usaha sampingan lain seperti pertanian baik di sawah maupun usaha bibit tanaman hias. Hanya saja, pemanfaatan limbah perikanan butuh teknologi kreatif. Sebagai contoh mengalirkan limbah dari tempat budidaya ke sawah. Perlu dipikirkan cara yang praktis dan ekonomis. Prospek pengelolaan limbah masih terbuka lebar. Cara-cara inovatif selalu ditunggu demi memaksimalkan manfaat limbah perikanan.

Foto 1. Penyampaian materi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Bpk. Ir. Sudarna, MMA.

Foto 2. Penyampaian Materi dari BAPPEDA Kulon Progo oleh Bpk Insan Hidayat, S. Sos, MPP, MPA dan dari Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo oleh Ibu Rr. Heni Hernawati, SP, M.Si.