Dukungan Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo dalam Whistle Blowing System

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo telah membangun sistem informasi pelaporan perbuatan berindikasi pelanggaran tindak pidana di seluruh organisasi. Pelanggaran dapat terjadi di semua evel organisasi pemerintah kabupaten. Sistem pelaporan ini berbasis website resmi Pemerintah Kabupaten.

Selaras dengan hal ini, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo memandang perlu bagi semua stakeholder berkaitan dengan dinas dalam mengetahui adanya mekanisme penyampaian pengaduan ini. Jika terdapat informasi indikasi tindak pidana yang melibatkan pegawai atau orang lain yang berasal dari organisasi perangkat daerah Dinas Kelautan dan Perikanan, maka agar dapat dilaporkan melalui mekanisme whistle blowing system.

Unsur tindak pidana yang bisa dilaporkan meliputi dugaan tindak pidana korupsi atau bentuk pelanggaran lainnya. Pelaporan sebaiknya memuat unsur jenis pelanggaran, siapa terduga pelanggar, lokasi dan waktu pelanggaran, bagaimana modus pelanggaran dan bukti awal (foto, video atau dokumen).

Semua bentuk pelaporan oleh pelapor akan terjaga kerahasiaan diri. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo merahasiakan dan menjamin identitas pelapor sebagai agen whistle blowing system.

Informasi lebih lengkap tentang hal ini berada pada laman resmi sistem whistle blowing system dari Pemerintah Kabupaten Kulon rogo pada tautan http://wbs.kulonprogokab.go.id/wbs/production/page_tentang.php

Adapun pengisian bagi pelapor dapat langsung mengisi pada tautan http://wbs.kulonprogokab.go.id/wbs/production/page_tulis_aduan.php