Cek Kualitas Air di Jatisarono, Nanggulan

   Tidak dapat dipungkiri kualitas air adalah kunci keberhasilan pmeliharaan ikan. Kualitas air dapat diukur dengan mempertimbangkan parameter kualitas air, seperti pH, suhu, oksigen terlarut, salinitas, turbiditas, dan lain-lain. Sayangnya, tidak setiap pembudidaya ikan mempunyai alat untuk mengukur setiap parameter. Atas pertimbangan tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan melayani pengecekan kualitas air kolam.

   Hari Rabu, tanggal 14 Oktober 2020 Seksi Keskanling Bidang Pembudiyaan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo didampingi penyuluh perikanan kapanewon Nanggulan melakukan pengecekan kualitas air di kalurahan Jatisarono Nanggulan. Dalam kegiatan tersebut kami mengunjungi 4 kelompok pembudidaya ikan, yaitu Mina Raharja (Dusun Jatingarang), Mino Mulyo (Dusun Karang), Mina Bejaten (Dusun Bejaten), dan  LKSA Muhamadiyah Nanggulan (Dusun Grubug). Keempat kelompok tersebut melakukan usaha budidaya pembesaran lele.

   Kualitas air yang diukur adalah pH, oksigen terlarut, konduktifitas, turbiditas, suhu, salinitas, dan nitrit.  Hasilnya dari keempat kelompok tersebut ada beberapa kolam yang oksigen terlarut, salinitas, dan nitritnya melebihi batas optimal. Setelah dilakukan wawancara dengan pembudidaya diketahui kepadatan ikan di kolam tersebut tinggi. Kolam dengan kepadatan tinggi memang sangat rawan sehingga perlu pemeliharaan ekstra, seperti pemberian probiotik rutin,  grading pada waktu tepat, aerasi, pengenceran air jika diperlukan, dan sebagainya.

  Dari hasil kegiatan ini dapat diketahui kualitas air kolam keempat kelompok tersebut sebagian besar sudah baik dan hanya beberapa kolam yang perlu perbaikan. Harapannya ke depan setiap kelompok mempunyai alat cek kualitas air sehingga dapat melakukan pengecekan secara rutin dan mandiri.

Foto 1. Pembinaan kelompok di Pokdakan Mina Bejaten

Foto 2. Pembinaan kelompok berkaitan dengan kualitas air di LKSA Muhamadiyah Nanggulan

Foto 3. Cek Nitrit menggunakan Smart Kit Nitrit LP2IPM Serang di Pokdakan Mina Raharja