Lomba Perahu Nelayan di Kulon Progo

Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Kegiatan Pengembangan Budaya Bahari mengadakan Acara Lomba Produktifitas Perahu Nelayan bagi Nelayan Kulon Progo pada tanggal 26 Oktober 2020. Peserta yang menjadi pemenang adalah yang bisa menangkap ikan dengan total berat hasil tangkapan terbanyak, menggunakan alat yang ramah lingkungan. Meskipun lomba diadakan oleh  Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta, namun lomba dilaksanakan di masing masing kabupaten karena pada masa pandemi Covid 19, tidak diperkenankan mengumpulkan massa.  Sedangkan waktu pelaksanaan lomba tergantung kesepakatan nelayan di kabupaten tersebut. Pemenang akan diumumkan setelah lomba selesai dilaksanakan di semua kabupaten.

 Adapun lomba yang dilaksanakan di Kulon Progo, peserta mulai melaut dari TPI masing masing dan mendarat di Pantai Bugel, Kapanewon Panjatan. Peserta sebanyak 20 Perahu Motor Tempel (PMT) yang masuk  20 trip terbanyak dalam  catatan data produktifitas perikanan tangkap di Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo. Sebanyak 5 PMT dari TPI Congot, 3 PMT dari TPI Glagah, 7 PMT dari TPI Karangwuni, 2 PMT dari TPI Bugel dan 3 PMT dari TPI Trisik. Sedianya lomba akan diadakan pada hari senin tanggal 19 Oktober 2020, namun karena situasi laut yang sedang tidak kondusif, nelayan urung melaut pada tanggal tersebut. Melihat dinamika data  arus, angin dan gelombang serta pantauan langsung dilapangan, akhirnya disepakati bahwa lomba diadakan tanggal 26 Oktober 2020.  Nelayan mengikuti lomba dengan penuh semangat, meskipun hasilnya kurang memuaskan. Ikan Bawal yang selama ini menjadi primadona nelayan Kulon Progo tidak bisa tertangkap pada saat pelaksanaan lomba.

Harapannya dengan lomba ini bisa meningkatkan semangat nelayan untuk melaut, meningkatkan pendapatan nelayan dan memberdayakan masyarakat pesisir Kulon Progo. Semoga visi misi Gubernur DIY “Menyongsong Abad Samudra Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja” dapat terwujud.