Sertifikasi Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) di Kulon Progo

   Seksi Produksi Pembudidayaan Ikan mendampingi Auditor CPIB untuk melakukan sertifikasi unit pembenihan pada empat lokasi pembenih ikan lele di Kulon Progo pada hari Kamis tanggal 4 Maret 2021. Auditor yang datang dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidya yaitu Mely Bala Galugu, S.Pi., M.P. dan Fasimah Sau, S.St.Pi., M.P. Mereka akan melakukan pemeriksaan lapangan terkait permohonan dokumen pengajuan CPIB yang sebelumnya telah diajukan oleh Sumarjoko Fish Farm (Salam, Banjarharjo, Kalibawang), Sanari Fish Farm (Mejing, Banjararum, Kalibawang), Wagiran Fish Farm (Turip, Ngestiharjo, Wates) dan Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Tombo Ati (Nepi, Kranggan, Galur).

Dokumen pengajuan CPIB berisi data identitas pemohon dan melampirkan :

  1. Fotocopy sertifikat MPM;
  2. Fotocopy surat izin usaha perikanan/tanda pencatatan;
  3. Data umum unit pembenihan;
  4. Struktur organisasi, tanggung jawab dan wewenang;                                        
  5. Alur proses produksi;                                               
  6. Daftar sarana dan prasarana unit pembenihan;  
  7. Daftar Sumber Daya Manusia; dan
  8. Daftar Kendali

   Pemeriksaan lapangan dilakukan mulai dari sumber air, ketersediaan induk dan surat keterangan asal (SKA), kolam-kolam pembenihan dan pendederan, sarana dan prasarana, kolam pengelolaan limbah, kebersihan lingkungan pembenihan, kesesuaian standar prosedur operasional (SPO) dan kartu kendali. Setelah pemeriksaan lapangan akan diberikan hasil audit yang tidak sesuai dengan prosedur CPIB atau yang biasa disebut temuan. Temuan (terdiri dari tiga kriteria yaitu kritis, mayor dan minor) ini harus segera diperbaiki sesuai batas waktu yang telah ditentukan oleh Auditor. Bukti perbaikan beserta lampirannya dijadikan satu di dokumen perbaikan dan diserahkan ke Auditor.

   Sertifikat CPIB paling lama terbit setelah 57 hari dari penyerahan dokumen lengkap (perbaikan tersebut). Sertifikat CPIB diberikan kepada Unit Pembenihan Ikan dan dibedakan berdasarkan nilai kelulusan, yang terdiri atas:  sangat baik (berlaku selama 4 tahun), baik (berlaku selama 3 tahun), dan cukup (berlaku selama 2 tahun).

   Kulon Progo sendiri sudah mempunyai pembenih yang telah bersertifikat CPIB dan masih aktif sertifikatnya sebanyak 9 unit, 2 unit pembenih gurami yang berada di Kapanewon Wates dan 6 pembenih lele yang berada di Kapanewon Kalibawang, Sentolo dan Panjatan. Semoga ke empat pembenih yang telah diaudit mendapatkan hasil yang sangat baik dan menambah pembenih bersertifikat CPIB di Kulon Progo, sehingga kebutuhan benih ikan di Kulon Progo dan Kabupaten sekitar dapat tercukupi.

Foto 1. Penilaian lapangan di Sumarjoko Fish Farm, Salam, Banjarharjo, Kalibawang

Foto 2. Penilaian lapangan di Sanari Fish Farm, Mejing, Banjararum, Kalibawang

Foto 3. Penilaian lapangan di Wagiran Fish Farm, Turip, Ngestiharjo, Wates

Foto 4. Penilaian lapangan di UPR Tombo Ati, Nepi, Kranggan, Galur