Mendampingi Kegiatan Pemantauan Sebaran Penyakit Ikan (PIK) di Kabupaten Kulon Progo

   Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Yogyakarta (SKIPM Yogyakarta) melaksanakan kegiatan rutin berupa Pemantauan Sebaran Penyakit Ikan (PIK) di Kulon Progo dimana kegiatan tersebut dilaksanakan 2 (dua) kali  setiap tahunnya. Dalam kegiatan tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo turut mendampingi para petugas yang turun ke lapangan. Pemantauan ini bertujuan untuk mengetahui sebaran penyakit ikan yang ada di Kabupaten Kulon Progo setiap tahunnya.

   Hari Selasa tanggal 15 Maret 2021, pemantauan dilaksanakan di 3 (tiga)  Kapanewon, yaitu Galur, Panjatan, dan Kokap. Rombongan dari SKIPM didampingi DKP Kulon Progo mengunjungi beberapa pembudidaya udang dan ikan sambil tetap menjaga protokol kesehatan.  Pemantauan dilakukan dengan cara  wawancara, pengamatan, dan pengambilan sampel ikan/udang. Sampel ikan/udang  akan dicek di Laboratorium SKIPM Yogyakarta untuk mengetahui status kesehatan ikan/udang.

    Kegiatan ini disambut hangat pembudidaya ikan. Dengan kegiatan ini, akan dapat diketahui sebaran penyakit ikan yang terjadi di Kulon Progo sehingga upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ikan akan lebih mudah dilakukan.

Foto 1. Pemantauan di kolam lele Kapanewon Panjatan

Foto 2. Pemantauan di tambak udang Kapanewon Galur

Foto 3. Pemantauan di kolam nila Kapanewon Galur