Budidaya Udang Vaname Jauh dari Pesisir

   Kepala Dinas kelautan dan perikanan, beserta Bidang Pembudidayaan Ikan dan Pembudidaya Udang Vaname di Temon melakukan studi banding ke rumah Prof. Dr. Ir. Rustadi., M.Sc  yang beralamatkan di Jln. Johar no. 10, Gejayan, Depok Timur, Yogyakarta pada hari Selasa tanggal 30 Maret 2021. Studi banding ini bertujuan untuk mengetahui cara budidaya Udang Vaname skala rumah tangga yang dibudidayakan jauh dari pantai.

   Rombongan disambut baik oleh Prof. Dr. Ir. Rustadi., M.Sc dan dilanjutkan dengan pemaparan tentang budidaya Udang Vaname yang telah dilakukan selama ini. Mulai dari persiapan air dengan salinitas ± 18 ppt, setting mikrobubble, pemilihan benur yang baik, pemberian pakan dan perlakuan lain selama pemeliharaan. Setelah itu rombongan diajak keliling untuk melihat langsung kolam pemeliharaan Udang Vaname.

   Budidaya Udang Vaname skala rumah tangga ini juga akan di lakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo dan bekerja sama dengan pembudidaya Udang Vaname di Temon. Setelah studi banding ini mendapat banyak masukan dan gambaran tentang budidaya Udang Vaname yang jauh dari Pesisir.

Foto 1. Diskusi tentang udang vaname

Foto 2. Melihat microbubble

Foto 3. Pengambilan sampel udang vaname