JOGO KALIKU DI EMBUNG BLUBUK PENGASIH

   Bupati Kulon Progo Drs H. Sutedjo melakukan kunjungan kerja dalam rangka restocking penebaran benih ikan pada hari Senin (22/03/2021) di Sungai Serang, wilayah Padukuhan Kedunggalih, Pengasih dan Embung Blubuk, Girinyono, Sendangsari, Pengasih. Dalam menambah ketersediaan benih ikan di perairan umum di Kabupaten Kulon Progo serta menambah motivasi bagi kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas) dalam melaksanakan tugasnya yaitu mengawasi dan mengelola perairan umum diwilayahnya agar ekosistem sumberdaya ikan tetap terjaga.

    Dalam kesempatan itu, Bupati Kulon Progo yang didampingi Wakil Ketua DPRD Ponimin BH, Anggota DPRD Pancar Topo Driyo, Asisten Administrasi Pembangunan dan SDA Bambang Tri Budi Harsono dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sudarna, serta Panewu Pengasih beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Pengasih meluncurkan Program Jogo Kaliku yaitu sebuah program untuk menjaga, mengawasi dan mengelola perairan umum yang berupa (sungai, selokan, embung dan waduk) di Kabupaten Kulon Progo dengan kegiatan berupa penebaran benih ikan agar sumberdaya ikannya lestari, dan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan. Karena bila kegiatan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan ini terus dilakukan maka semua jenis ikan yang hidup di lingkungan tersebut pasti akan mati.

    Bupati Kulon Progo, dalam peluncuran program jogo kaliku ini menebar benih ikan di Embung Blubuk, Girinyono, Sendangsari Pengasih sebanyak 12.500 ekor dengan jenis nilem, tawes dan ikan lokal tawar lainnya, sedangkan total penebaran benih di Kabupaten Kulon Progo sebanyak 125.000 ekor yang ditebar di 10 titik lokasi yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Kulon Progo Tahun 2021.

     Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Sudarna dalam sambutannya mengatakan “Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo mengucapkan terima kasih atas segala perhatian dan bantuan masyarakat untuk selalu menjaga dan mengelola perairan umum di Kabupaten Kulon Progo, namun di sisi lain, jumlah benih ikan yang ditebar di perairan umum, semakin lama semakin menurun, untuk itu kami berharap kepada Bapak Anggota Dewan yang hadir agar berkenan perhatian dan bantuannya, agar bantuan benih ikan yang akan ditebar untuk kegiatan restoking di perairan umum, di tahun mendatang dapat ditingkatkan”.

   Peluncuran Program Jogo Kaliku di Embung Blubuk Girinyono Sendangsari Pengasih disambut sangat antusias oleh Kelompok Pengelola Embung, Kelompok Sadar Wisata dan masyarakat sekitar Embung Blubuk. Mereka telah merencanakan dan menyepakati bahwa benih yang ditebar tidak boleh ditangkap bila belum berumur 4 bulan, sehingga ikan mampu dan dapat berkembang biak terlebih dahulu, penangkapan ikan pun dibatasi hanya boleh menggunakan pancing.

Foto 1

Foto 2

Foto 3