PENGAWASAN TERPADU DI LAUT DIY

   Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Kegiatan Pengawasan Terpadu di Laut DIY pada Hari Rabu (17/03/2021) yang diikuti oleh Personil dari Angkatan Laut, Polairud Polda DIY, Dinas Perhubungan DIY, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY maupun personil utusan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten yang mempunyai garis pantai yaitu Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo.

     Pengawasan Terpadu di Laut DIY untuk Tahun 2021 direncanakan dilaksanakan rutin 3 bulan sekali dan bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi nelayan untuk menangkap ikan  ramah lingkungan dan menggunakan alat tangkap sesuai ketentuan, dengan pengawasan rutin akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi nelayan dalam menangkap ikan’ jelas Ketua Tim Pengawasan Terpadu, Juwarti S.Pi, M.Si yang juga Kepala Bidang Pengawasan dan Pesisir Dinas Kelautan dan Perikanan DIY.  

   Pengawasan Terpadu pertama di Tahun 2021 diikuti oleh 10 orang peserta, dengan menaiki Kapal Patroli milik Polairud POLDA DIY dengan nomor lambung 002, yang dipimpin Bripka M. Arif, bertolak dari Pelabuhan Perikanan Sadeng Gunung Kidul, sekitar jam 07.00 pagi untuk menuju pantai selatan DIY. Di dalam operasi pengawasan terpadu yang pertama ini, Tim Pengawasan Terpadu menemukan sebuah kapal cargo yang cukup besar jangkar di lokasi yang tidak sesuai ketentuan, namun saat kapal cargo akan didekati, kapal cargo tersebut segera pergi tanpa sempat bisa berkomunikasi. Operasi pertama dinyatakan selesai setelah cukup lama berputar di sepanjang pantai selatan DIY selama 2,5 jam, dan tidak menemukan kegiatan penangkapan ikan yang tidak sesuai ketentuan.

    “Terima kasih atas dukungan dan kerjasama tim pengawasan terpadu dan kami berharap nelayan tidak menangkap ikan dengan alat tangkap yang tidak sesuai ketentuan, serta melaksanakan anjuran pemerintah dalam menangkap ikan yang ramah lingkungan, semoga kita dapat melaksanakan patroli putaran kedua di bulan Juni dalam kondisi yang lebih baik lagi” ujar Juwarti, sambil menutup operasi pengawasan terpadu putaran pertama.

Foto 1. Dari kejauhan nampak sebuah kapal kargo yang sedang jangkar, di lokasi yang sesuai ketentuan.

Foto 2. Apel sebelum giat operasi pengawasan