KEPALA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KP MELAUNCHING PEMBAYARAN RETRIBUSI TPI SECARA ELEKTRONIK

  Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo dalam rangka melaksanakan Perda kabupaten kulon Progo Nomor 12 Tahun 2020 serta untuk peningkatan efisiensi dan efektifitas kinerja pemerintah daerah yang dinilai oleh pemerintah pusat terkait SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), maka Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir. Sudarna, MMA melaunching secara resmi Pembayaran Retribusi TPI secara elektronik yang dilaksanakan Senin (10/05/2021) di Ruang Rapat UPT Tempat Pelelangan Ikan Karangwuni  Wates.

     Dalam kesempatan tersebut, Ir. Sudarna MMA memberikan pengarahan bahwa Kegiatan Pembayaran Retribusi TPI Secara Elektronik (Non Tunai) di UPT TPI ini mempunyai nilai yang penting sebagai wujud peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintah yang baik (good governance) serta merupakan bukti kepatuhan kita terhadap peraturan pemerintah pusat maupun Perda yang sudah disahkan. Selanjutnya juga mengatakan “Metode non tunai ini meningkatkan keamanan petugas lelang baik dari resiko kecelakaan lalu lintas di jalan kalau harus setor tunai maupun resiko kehilangan uang karena jatuh atau perampasan di jalan. Selain itu mendukung upaya penanggulangan Covid-19 dengan jaga jarak dan menghindari kontak langsung. Dengan pembayaran non tunai ini uang retribusi TPI sebagai PAD dapat segera digunakan dalam mendukung kelancaran pembangunan daerah. PAD sebesar 30 juta rupiah kalau disetor di akhir bulan, apalagi Desember maka uang itu sudah tidak ada gunanya karena sudah akan melewati tahun anggaran, Tetapi dengan setoran real time, hari itu ada retribusi maka hari itu juga disetor akan sangat membantu pembangunan daerah. Apalagi kalau nantinya pelabuhan Tanjung Adikarto sudah operasional yang tentunya akan mendapatkan pemasukan retribusi TPI yang jauh lebih besar”

   Kegiatan launching pembayaran retribusi TPI secara elektronik yang ditandai dengan setiap petugas lelang Tempat Pelelangan Ikan di 4 Lokasi maju ke depan untuk mencoba membayar retribusi dengan aplikasi di handphone masing - masing, dan hasil pembayaran dapat dimonitor dengan aplikasi QUAT oleh admin UPT Tempat Pelelangan Ikan.

    Selain dihadiri dari pengurus Tempat Pelelangan Ikan se Kabupaten Kulon Progo, kegiatan ini juga dihadiri Penyuluh Perikanan Lapangan wilayah Pantai, Ketua Kelompok Usaha Bersama/ Nelayan, Pedagang / Pelelang Ikan dari masing masing TPI, dan Petugas Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo.

  Di akhir acara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan menyerahkan sarana pelelangan ikan di TPI berupa satu buah coolbox 200 L dan satu buah timbangan duduk untuk 4 TPI di wilayah Kabupaten Kulon Progo, dengan harapan agar pengurus TPI bersedia menjaga, merawat dan memanfaatkan bantuan yang telah diberikan.

Foto 1. Petugas TPI membayar retribusi bersama secara elektronik

Foto 2. Hasil monitoring pembayaran retribusi oleh admin