Gerdu Manis, Penataan Arsip Dinamis Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Kulon Progo

  Surat Edaran Bupati Kulon Progo nomor 045/1705 tanggal 23 Mei 2021  memberikan satu hal baru di tengah banyaknya surat edaran berkaitan dengan kegiatan mitigasi Covid-19 di Kulon Progo. Entah tentang perpanjangan PPKM, mitigasi program kegiatan penanggulangan Covid-19, pemotongan anggaran untuk tambahan pendaaan Covid-19 atau yang lain.  

   Surat edaran ini berjudul Gerdu Manis (Gerakan Dua Jam Menata Arsip Dinamis). Gerakan ini berada pada ruang lingkup untuk menyelamatkan arsip dinamis dan statis khususnya pada periode 2014 - 2019. Pelaksanaannya sendiri difokuskan pada hari jumat di tiap unit kerja pada SKPD di Kab Kulon Progo.

  Berkaitan dengan seksi pelayanan usaha perikanan di bidang pengembangan usaha perikanan, beberapa arsip yang menjadi kewajiban dalam penataannya adalah 1) arsip urusan perencanaan; 2) arsip pelaksanaan kegiatan seperti SPJ, data, perjanjian, laporan/notulen kegiatan; 3) arsip laporan dan evaluasi kegiatan seperti laporan keuangan,laporan seksi; 4) arsip TPUPI dan Rekomendasi OSS seperti blangko verifikasi, fotocopy sertifikat TPUPI dan rekomendasi OSS.

   Pada saat ini, kondisi arsip yang ada di seksi pelayanan usaha sudah tertata baik. Arsip sejak 2017 sudah mulai tertata. Adapun pembenahan terus dilakukan terutama pada arsip - arsip pada tahun 2019 dan 2020. Pada Jumat 4 Juni 2021, penataan dilakukan pada arsip statis berupa blangko pendataan rekomendasi OSS Tahun 2020. Arsip terpenting di seksi adalah berkas permohonan rekomendasi perjinan usaha perikanan yang menjadi fokus pengarsipan.