Sosisalisasi OSS di Pokdakan Mina Sejahtera, Sentolo

   Potensi usaha mikro kecil di bidang perikanan saat ini masih terbuka luas untuk dikembangkan. Agar kedepannya berjalan dengan baik, maka usaha dengan skala kecil juga harus memiliki izin secara legal. Perizinan usaha mikro kecil bertujuan memberikan kepastian hukum dan sebagai sarana pemberdayaan para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya.

  Namun para pelaku usaha banyak yang merasa kebingungan dalam mengurusnya. Padahal, saat ini mengurus Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat, asal semua berkas persyaratan sudah dipenuhi. Hal ini yang kemudian disikapi Nuning Winardi, S.Pi Penyuluh Perikanan Bantu di wilayah Kapanewon Sentolo dengan mengadakan acara sosialisasi terkait perijinan usaha di bidang usaha perikanan.

   Pada pertemuan bersama Pokdakan Mina Sejahtera pada tanggal 28 Mei 2021 di Padukuhan Karang, Kalurahan Tuksono Kapanewon Sentolo dengan didampingi Bapak drh. Sudarmanto Kabid Pengembangan Usaha Perikanan dan Bapak Isna Bachtiar, S.Kel., M.Ec.Dev selaku Kasie  Pelayanan Usaha Perikanan, telah dilakukan Sosialisasi Perijinan Usaha Perikanan. Dalam acara ini dijelaskan syarat syarat apa saja yang perlu dipersiapkan anggota Pokdakan. Apabila sudah lengkap, Pokdakan bisa segera mendaftar melalui Lembaga OSS (Online Single Submission) atau bisa juga dibantu mendaftar lewat penyuluh perikanan maupun Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo

   Hasil dari acara ini diharapkan Pokdakan Mina Sejahtera segera mengurus IUMK. Pokdakan yang telah memiliki IUMK akan mendapatkan perlindungan hukum, lokasi terlindungi, mempermudah kerjasama, menambah akses permodalan serta pendampingan pengembangan usaha.