Press Release Lomba Gerbang Segoro Kulon Progo 2022

Dalam usaha menumbuhkan sistem perekonomian berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo telah mengeluarkan Instruksi Bupati Nomor 12 Tahun 2022 tentang Gerakan Membangun dengan Semangat Gotong Royong (Gerbang Segoro). Gerakan ini dimaksudkan untuk membangkitkan semangat usaha sektor kelautan dan perikanan dengan memanfaatkan semua potensi (budidaya, penangkapan ikan dan pengolahan pemasaran hasil perikanan) untuk mengembangkan ekonomi masyarakat. Kebijakan Daerah pada program Gerbang Segoro berorientasi pada Sistem Perekonomian yang Berbasis Kerakyatan (Bela Beli Kulon Progo).

Inovasi Gerbang Segoro di Kulon Progo berbasis pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan Pokdakan, Poklahsar, Pokmaswas, dan KUB Nelayan yang terintegrasi hulu-hilir, tetapi Gerbang Segoro juga sebagai simbol pintu masuk investasi bidang kelautan dan perikanan. Melalui pembangunan kelautan dan perikanan berbasis masyarakat di Kulon Progo yang terintegrasi hulu - hilir dan profesional dengan keunggulan, keunikan dan kearifan lokal mempunyai daya ungkit yang lebih kuat dalam mendorong arus balik Among Tani ke Dagang Layar sehingga akan ada nilai tambah dan peningkatan pendapatan di wilayah perdesaan.

Dalam usaha mendukung program Gerbang Segoro, maka Dinas Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan Lomba Gerbang Segoro. Lomba ini diselenggarakan untuk mendorong peran aktif seluruh stakeholder kelautan dan perikanan yang ada di Kulon Progo. Lomba diselenggarakan bekerjasama dengan unsur pemerintah, swasta dan masyarakat baik dari tingkat desa, kalurahan, kapanewon dan tingkat kabupaten. Kegiatan dilaksanakan dengan 5 prinsip utama: Trust (Kepercayaan), Responsibility (Bertanggung jawab), Equity (Kesamaan), Swadaya (Kemandirian) dan Partisipatif (Berperan serta).

Terdapat tiga tujuan utama dari pelaksanaan lomba yaitu meningkatkan kesadaran, peran dan partisipasi stake holder; Meningkatkan kapasitas SDM stakeholder agar KomPAk (Kompetitif, Profesional, Akuntabel) serta membangkitkan kembali budaya bahari dalam peningkatan usaha ekonomi masyarakat dan ketersediaan pangan protein hewani. Target peserta pada lomba Gerbang Segoro adalah seluruh kelompok usaha perikanan baik kelompok pembudidayaan ikan (pokdakan), kelompok pengolahan pemasaran hasil perikanan (poklahsar) atau kelompok usaha bersama (KUB) penangkapan ikan. Keikutsertaan kelompok akan dinilai dari unsur budaya, kelembagaan, pemberdayaan serta identitas kelompok.

Rangkaian pelaksanaan lomba sendiri dilaksanakan secara simultan dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2022. Rangkaian ini terdiri dari sosialisasi di tingkat kabupaten, kapanewon, penjaringan peserta, verifikasi di tingkat kalurahan dan kapanewon, pelaksanaan lomba di tingkat kabupaten, pengumuman pemenang serta seremonial penyerahan hadiah lomba. Sosialisasi di tingkat kabupaten dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 19 Oktober 2022, sosialisasi di tingkat kapanewon dilakukan pada 24,25 dan 26 Oktober 2022 yang menghasilkan rekomendasi kelompok yang diajukan di tingkat kabupaten pada akhir Oktober 2022. Saat ini, lomba tingkat kabupaten sedang dilaksanakan dimulai dari Kapanewon Pengasih pada tanggal 3 November 2022. Lomba tingkat kabupaten ini dilaksanakan secara berturutan sampai dengan tanggal 18 November 2022 yang melakukan penilaian pada 12 kelompok dari seluruh Kulon Progo. Hasil dari penjurian akan menentukan Juara I sampai dengan III dan Juara Harapan I sampai dengan III berdasarkan poin tertinggi dari hasil rekapituliasi penilaian tim juri.

Semoga rangkaian Lomba Gerbang Segoro berlangsung lancar serta keseluruhan kegiatan ini memberikan manfaat untuk Kulon Progo.

Gerbang Segoro … Siyogo

Gerbang Segoro … Sendiko

Gerbang Segoro … Mulyo

 

Kontributor : Ghufron Said P., S.Pi.