LOMBA GERBANG SEGORO MENDUKUNG PARADIGMA PEMBANGUNAN AMONG TANI DAGANG LAYAR DI DIY

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo menggelar Lomba “Gerbang Segoro” gerakan membangun  dengan semangat gotong royong untuk mendukung perubahan paradigma pembangunan DIY yang di cetuskan Sri Sultan Hamengku Buwono X yaitu Among Tani Dagang Layar.

“Lomba Gerbang Segoro ini merupakan inovasi dari kami yang pertama di Kulon Progo dan mungkin pertama di Indonesia. Program Gerbang Segoro ini dibayai dari dana keistimewaan yang dilaksanakan dari hulu (produksi ikan) sampai hilir (pengolahan) yang saling terintegrasi. Secara harfiah Gerbang Segoro ini merupakan pintu masuk dari lautan ke daratan, harapannya kedepan investasi bisa masuk untuk pembangunan di Kulon Progo ini” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo dalam sambutan yang dilaksanakan saat lomba.

Pelaksanaan lomba Gerbang Segoro yang dilaksanakan hari pada Kamis tanggal 3 November 2022 dilaksanakan di Pokdakan Berkah Sumber Mulyo yang beralamat di Padukuhan Mrunggi, Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo yang merupakan urutan pertama dari dua belas peserta yang akan mengikuti lomba. Lurah Sendangsari berterimakasih bahwa Pokdakan Wanita yang berada diwilayahnya ditunjuk sebagai perwakilan Kapanewon Pengasih untuk mengikuti Lomba Gerbang Segoro. Bahwasannya di wilayah Sendangsari ini potensi untuk berbudidaya sangat potensial, hal tersebut dikarenanakan terdapat sumber aliran air yang selalu mengalir di Sendangsari ini.

Penilaian Lomba Gerbang Segoro difokuskan pada penilaian tumpeng Gerbang Segoro, kelembagan yang terdiri dari dinamika kelompok, administrasi kelompok, Aspek Pemberdayaan yang terdiri dari ekonomi produktif dan sosial, serta identitas kelompok yang terdiri dari penilaian lagu dan yel- yel kelompok.

Priyatinah (Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo sekaligus Ketua Dewan Juri Lomba Gerbang Segoro) mengapresiasi kepada Dinas kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo yang telah mencetuskan lomba Gerbang Segoro. Dalam sambutannya Priyatinah juga berkomentar terhadap pelakanan lomba yang diadakan di Kapanewon Pengasih ini, sebagai kelompok pembudidaya ikan pemula, Pokdakan Berkah Sumber Mulyo dinilai dalam menghadapi lomba segala yang dinilai sudah lumayan bagus, dimaklumi apabila masih terdapat beberapa kekurangan karena memang kelompok ini baru saja berdiri di tahun 2022 tapi secara keseluruhan terutama semangat untuk maju dan juga inovasi patut diapresiasi dan muda-mudahan dengan tumbuhnya pokdakan-poklahsar wanita ini bisa mengurangi angka stanting yang ada di Kalurahan Sendangsari  khususnya dan Kulon Progo pada umumnya.

Penulis : Tri Yoga D.A

Foto dokumentasi kegiatan :