Upaya Edukasi Makan Ikan melalui Bazar Forikan Kulon Progo 2022

Bazar Forikan Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022 dilaksanakan di Jalan utara Alun alun Wates/Selatan Rumah Dinas Bupati pada Hari Jumat 25 November 2022 Jam 07.00 WIB - 11.30 WIB. Kegiatan Bazar/pameran produk perikanan ini dilakukan dalam rangka Hari Ikan Nasional oleh Forikan Kulon Progo ini didanai oleh Dislautkan DIY, dilaksanakan DKP KP bekerjasama dengan TP PKK Kulon Progo dan Forikan Kulon Progo.

Forikan adalah satu forum yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Keputusan Bupati Kulon Progo Nomor 147/A/2018 tentang pembentukan forum peningkatan konsumsi ikan. Forum ini mempunyai tujuan memperkuat koordinasi, keterpaduan langkah dan tindakan dari seluruh instansi terkait baik tingkat pusat maupun daerah sekaligus berperan sebagai inspirator, kreator, motivator, dan aktivator Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Bazar forikan Kulon Progo adalah salah satu bentuk kegiatan strategis sebagai edukasi memasyarakatkan makan ikan di masyarakat Kulon Progo.

Pada kegiatan bazar ini, DKP KP sebagai pelaksana kegiatan melakukan koordinasi intens dengan Forikan DIY, Dislautkan DIY, Panitia Pelaksana HUT Kopri Ke-51 Kabupaten Kulon Progo, Bank BPD Cabang Wates, Polres Kab KP, Polsek Wates, Dinas Perhubungan Kab KP, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Kab KP, TP PKK Kulon Progo, Forikan Kulon Progo, Kepanewon Wates, Kapanewon Pengasih, TP PKK Wates, TP PKK Pengasih, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab KP, Dinas Kesehatan Kab KP, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kab KP,  Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah serta Asosiasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kab KP.

Stan bazar adalah produk perikanan dengan perserta dari UMKM Poklahsar dan Produk poklahsar sejumlah 13 kelompok yaitu poklahsar Iwakku dari Lendah, Wanita Mandiri dari Temon, Widuri dan Pati Murni Andani dari Kalibawang, Maju Terus, Mekar Sari, Sidiq Rizal dan Sido Makmur dari Galur, Dwi 888 dan Bayu Aji dari Pengasih, Lancar Migunani dan Lohan Mina Rasa dari Kokap, serta Mekar Lestari dari Samigaluh.

Rangkaian kegiatan pada bazar ini terdiri dari Pembukaan Bazar Keduk Tumpeng Gerbang Segoro, Pelepasan kegiatan rangkaian HUT Korpri Ke-51 (senam sehat dan sepeda santai), Kunjungan ke Bazar dan Pelaksanaan Bazar Forikan. Pelaksanaan bazar terdiri dari (1) Pameran produk oleh 13 peserta poklahsar, (2) Cooking class with Poklahsar oleh Poklahsar Wanita Mandiri Temon dan (3) Pemaparan materi oleh Stasiun KIPM, TP PKK Kulon Progo dan Forikan DIY tentang Kemanan Pangan Ikan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna Hasil Perikanan.

Pada sesi terakhir sosialisasi keamanan pangan, edukasi gizi keluarga dengan makan ikan dan pengarahan ketahanan pangan keluarga dilakukan secara simultan oleh Stasiun KIPM, TP PKK Kulon Progo dan Forikan DIY bertempat di Joglo Rumah Dinas Bupati. Peserta pada sosialisasi ini adalah perwakilan ibu hamil dan menyusui dari Kapanewon Pengasih dan Kapaewon Galur berjumlah 18 orang.

Maju Terus Perikanan Kulon Progo !

Foto 1. Forikan Kegiatan Bazar di Alun Alun Wates

Foto 2. Forikan Pameran Produk Ikan

Penulis : Isna Bahtiar