SOSIALISASI UU PELESTARIAN SUMBERDAYA IKAN UNTUK PANEWU DAN LURAH SE KABUPATEN KULON PROGO

Dalam rangka meningkatkan upaya dalam menjaga dan melestarikan sumberdaya ikan di wilayah perairan umum Kulon Progo, maka diperlukan peran serta aktif dari berbagai fihak dalam turut serta mengawasi sumberdaya perikanan di perairan umum. Karena seperti telah dirasakan bahwa kondisi saat ini jenis ikan dan jumlah populasi yang ada dan hidup di perairan umum Kulon Progo sudah tidak seperti dahulu. Sudah ada beberapa jenis ikan endemic local jarang ditemui dan ditangkap nelayan. Kondisi ini timbul karena masih adanya ulah oknum masyarakat yang menggunakan alat dan bahan yang dilarang dalam menangkap ikan, kegiatan pelanggaran penangkapan ikan illegal fishing ini dilakukan oleh warga masyarakat yang masih kemungkinan belum tahu tentang adanya Undang Undang No 45 Tahun 2009 perubahan dari UU No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

Untuk itu Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Sosialisasi UU Pelestarian Sumberdaya Ikan bagi Panewu dan Lurah se Kabupaten Kulon Progo, dengan tujuan agar Panewu dan Lurah dapat turut serta memberikan sosialisasi dan edukasi kepada warga masyarakat masing masing, agar tindakan pelanggaran penangkapan ikan dengan illegal fishing dapat berkurang, mencegah pelepasliaran jenis ikan invasif dan predator serta pelaksanaan Sedekah Ikan Pasangan Pengantin (SIPATIN) yang merupakan program bersama antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo,

Pelaksanaan Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Bupati Nomor 10 Tahun 2022 tentang Program Jaga Kaliku (Jaga Komitmen Warga untuk Kelestarian Alam Lingkungan Ikan Kulon Progo ) diikuti sebanyak 124 orang yang dilakukan selama 3 hari dimulai pada hari Kamis Tanggal 3 Nopember 2022 di Rumah Makan Cubung Resto, Jatirejo, Lendah dengan peserta adalah Panewu, Kapolsek, PPL Perikanan dan Lurah dari Kapanewon Lendah, Galur, Panjatan dan Sentolo. Kemudian Hari Senin Tanggal 7 Nopember 2022 di RM Bebek Brontak Tawangsari Pengasih dengan peserta dari Kapanewon Temon, Wates dan Kokap. Dan pada hari Selasa Tanggal 8 Nopember 2022 di RM Puncak Saka Nanggulan dengan peserta dari Kapanewon Samigaluh, Kalibawang, Girimulyo, Nanggulan dan Pengasih.

Sedangkan Nara sumber sosialisasi dari Dirpolairud POLDA DIY, Badan Karantina Ikan dan Pengendali Mutu (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo.

Dalam sosialisasi ini juga diharapkan agar Pemerintah Kalurahan dapat menerbitkan atau menyusun Peraturan Kalurahan tentang Perlindungan Sumber Daya Perikanan sebagai aturan yang disusun dari hasil musyawarah Kalurahan dengan menumbuhkan aturan kearifan local namun tidak bertentangan dengan aturan perundang undangan yang berlaku.

kontributor : Amrina Y.A