SOSIALISASI dan KOORDINASI BANTUAN HIBAH ANGGARAN PERUBAHAN 2022

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo (DKP-KP) melalui Kegiatan Pemberdayan Pembudidaya Ikan Kecil Program Pengelolaan Perikanan Budidaya mendapatkan alokasi anggaran bantuan hibah yang bersumber dari Anggaran Dana Insentif Daerah (DID) dan Anggaran Perubahan (ABT) Tahun 2022 sebesar Rp. 199.990.000,-. Anggaran tersebut digunakan untuk bantuan hibah sarana produksi budidaya untuk 6 pokdakan yaitu: 1) MINA MANUNGGAL, Pronosutan, Kembang, Nanggulan, 2) MINO SEDYO RUKUN, Kenteng, Kembang, Nanggulan, 3) MINA TARUNA, Ngroto, Pendoworejo, Girimulyo, 4) MINA GURAMI, Gletak, Kedungsari, Pengasih, 5) MINA SERANG MULIA, Padukuhan V, Bojong, Panjatan, dan 6) BANYU BENING, Ngaliyan, Ngargosari, Samigaluh.

Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan DKP-KP telah melaksanakan kegiatan Sosialiasai dan Koordinasi Penyaluran Bantuan Hibah pada tanggal 14 November 2022 bertempat di Aula DKP-KP. Dalam Sosialisasi dan Koordinasi teresbut dihadiri oleh ketua pokdakan penerima hibah, UD. PENI (selaku rekanan yang ditunjuk DKP-KP sebagai penyedia barang) dan dari DKP-KP diwakili dari Bidang Perikanan Budidaya. Bapak Suryadi, S.Kel selaku Kepala Bidang Pembudidayaan Ikan DKP-KP menyampaikan bahwa bantuan hibah anggaran perubahan 2022 ini alokasi waktunya sangat singkat yaitu 1 bulan, sehingan ke-6 pokdakan penerima bantuan hibah agar segera mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan droping bantuan, diantaranya adalah penyiapan lokasi untuk pemasangan kolam bulat (bagi pokdakan yang menerima paket material kolam bulat) yaitu dengan melakukan pembersihan lokasi, penyiapan kolam untuk tebar bibit ikan lele (bagi pokdakan yang hanya menerima bantuan pakan dan bibit ikan), dan menyiapkan gudang tempat penyimpanan pakan yang harus terlindungi dari hujan, terlindung dari udara lembab dan lantai gudang diberi alas dari kayu.  Selain itu Kepala Bidang juga menyampaikan bahwa bantuan hibah ini salah satu tujuannya adalah sebagai stimulan bagi kelompok dalam upaya kembali memulai usaha budidaya ikan (khususnya ikan lele) setelah dilanda pandemi covid-19, dengan harapan bahwa pokdakan diminta untuk benar-benar memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya dan dapat digunakan untuk keberlanjutan usaha budidaya ikan kedepannya.

Adapun jenis dan jumlah total bantuan hibah untuk ke 6 pokdakan adalah sebagai berikut:

  • Kolam bulat diameter 2 m sebanyak 20 unit
  • Kolam bulat diameter 3 m sebanyak 10 unit
  • Bibit lele (ukuran 7 cm) sebanyak 82.000 ekor, dan
  • Pakan ikan sebanyak 8.200 kg

Dalam Sosialisasi dan Koordinasi ini, UD. PENI selaku penyedia barang menyampaikan rencana droping bantuan sebagai berikut: 1) Material kolam bulat dan pakan ikan direncanakan akhir minggu ke-3 November 2022, dan 2) Benih ikan akan didroping setelah kelompok dianggap siap menerima benih, yaitu setelah dilakukan pengecekan kolam, apakah kondisi air dalam kolam dinyatakan siap untuk tebar benih atau belum. Diakhir kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi ini setiap kelompok diminta menyerahkan No WA untuk selanjutkyan dibuatkan Grup WA demi kelancaran pelaksanaan bantuan hibah.

Kontributor

Ade Saepudin, S.Pi