SEKENDAL, DUSUN ISTIMEWA DENGAN POTENSI PAKAN BENIH IKAN ALAMI

Keberhasilan budidaya benih ikan ditentukan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kualitas induk ikan, ketersediaan air yang memenuhi syarat, intensitas sinar matahari yang cukup, pakan benih ikan yang tepat, dan lain sebagainya. Menjadi salah satu tugas pokok Dinas Teknis Perikanan untuk mengeksplorasi berbagai potensi wilayah kerja yang terkait erat dengan tugas pokok dan fungsi bidang perikanan sehingga keberadaan OPD atau Dinas Teknis semakin nyata manfaatnya dalam bidang teknisnya. Termasuk Bidang Pembudidayaan Ikan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo telah berupaya semaksimal mungkin untuk menuntaskan tugas bidang perikanan budidaya. Melalui berbagai cara ditempuh untuk maksud tersebut, diantaranya dengan melaksanakan Kajian Potensi Wilayah Perikanan Budidaya, Berbagai Pelatihan dan Bimbingan Teknis, Monitoring dan Evaluasi, FGD, Lomba Gerbang Segoro kategori Pokdakan, studi banding, konsultansi ahli, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan Lomba Gerbang Segoro kategori Pokdakan yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2023 di Wilayah Kapanewon Kokap, tepatnya di Pokdakan Mina Lestari, Sekendal, Hargotirto telah memunculkan optimisme baru. Dalam lomba tersebut menghadirkan Tim Juri dari akademisi UGM, birokrasi DKP DIY, dan pakar praktisi dari Sewon Bantul. Diawali dari peninjauan lokasi kolam budidaya ikan gurami, ternyata ditemukan adanya jasad renik seperti telur-telur mini transparan yang berenang-renang bergerak di kolam bulat budidaya gurami. Ketika diperiksa oleh Ketua Tim Juri ternyata makhluk kecil yang jumlahnya tidak terhitung itu adalah salah satu spesies pakan alami untuk benih ikan air tawar. DR. Ign. Hardaningsih, M.Si. menyatakan bahwa kemungkinan pakan alami itu berjenis Brachionus sp dalam filum Rotifera. Untuk memastikannya perlu diambil sample dan diuji di laboratorium biologi UGM. Ini merupakan potensi yang luar biasa, tandasnya. Artinya di wilayah Sekendal ini cocok untuk budidaya pakan alami Rotifera, sehingga merupakan potensi dan peluang usaha baru bagi Pokdakan Mina Lestari Sekendal. Pokdakan akan dapat mengembangkan usahanya tidak hanya sebatas pembesaran ikan, tetapi bisa masuk ke unit perbenihan ikan.

Rekomendasi dari Tim Juri dan DKP Kulon Progo adalah supaya Pokdakan Mina Lestari membuat saluran pembuangan menyatu dan dialirkan masuk ke dalam kolam penampungan yang akan digunakan untuk mengembangbiakkan Rotifera tersebut. Apabila nanti Rotifera dapat berkembang biak secara signifikan, maka dapat dijual sebagai tambahan pendapatan kelompok atau bahkan dapat digunakan untuk membuat unit perbenihan ikan yang baru. Pokdakan Mina Lestari didampingi DKP Kulon Progo dapat berkunsultasi kepada ahli pakan alami yang ada di DKP DIY untuk mendapatkan arahan yang lebih konkrit terkait pemanfaatan potensi pakan alami Rotifera tersebut. [SYD-2023]