Daphnia sp. Pakan Alami Bernutrisi untuk Benih

Dalam pembenihan ikan, pakan alami berperan penting dalam menjamin pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih. Daphnia sp. atau dikenal juga dengan sebutan kutu air merupakan pakan alami yang sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi seimbang pada benih.

Daphnia sp. adalah mikroorganisme air yang termasuk dalam kelompok Crustacea. Mereka memiliki tubuh yang transparan dan memiliki dua antena yang mencuat di kepala. Daphnia sp. merupakan pakan alami yang sangat baik untuk benih ikan karena kandungan nutrisi yang tinggi, terutama protein 42,65%, lemak 8%, kadar air 94,78%, serat kasar 2,58% dan abu 4% (Darmanto et al., 2000). Selain itu, ukuran Daphnia sp. yang relatif kecil sangat cocok sebagai pakan awal bagi benih ikan yang baru menetas.

Cara kultur Daphnia sp. sangat mudah. Cukup sediakan wadah berupa ember plastik atau bak yang telah dicuci bersih, diisi air kemudian diberikan aerasi. Tambahkan pupuk kandang dengan dosis 1 gram/L kemudian dimasukkan ke dalam plastik yang kemudian diberi lubang. Biarkan selama 3-5 hari. Tebar bibit Daphnia sp. sebanyak 100 individu/L. Amati pertumbuhan setiap hari dan setelah 7 hari Daphnia sp. dapat dipanen secara parsial. Setelah dipanen pemupukan dapat diulangi agar tumbuh lagi. Penambahan nutrisi berupa multivitamin dan probiotik sangat dianjurkan. Untuk dosis sebanyak setengah sendok makan (± 5 gram/100L). Penambahan nutrisi berfungsi untuk meningkatkan kandungan vitamin dalam tubuh Daphnia sp.; meningkatkan daya cerna larva ikan karena mengandung beberapa macam vitamin,  enzim dan bakteri; serta meningkatkan nafsu makan ikan.

Pemberian Daphnia sp. sebagai pakan alami memiliki sejumlah manfaat yaitu:

  1. Nutrisi yang Kaya: Daphnia sp. mengandung nutrisi penting seperti protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan awal benih ikan.
  2. Stimulasi Makan: Gerakan aktif Daphnia sp. dalam air dapat merangsang nafsu makan benih ikan yang baru menetas.
  3. Penyediaan Nutrisi Lengkap: Daphnia sp. memberikan nutrisi yang seimbang dan lengkap, memastikan pertumbuhan yang optimal pada benih ikan.
  4. Penghindaran Kontaminasi: Daphnia sp. hidup di lingkungan air tawar yang relatif aman dari patogen, membantu mengurangi risiko infeksi pada benih ikan.

Budidaya Daphnia sp. sebagai pakan alami merupakan cara efektif untuk memastikan pasokan pakan berkualitas tinggi bagi benih ikan. Daphnia sp. tidak hanya memberikan nutrisi penting, tetapi juga merangsang nafsu makan dan memberikan perlindungan dari risiko infeksi. Dengan mengikuti langkah-langkah budidaya yang tepat, maka dapat menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan dan kelangsungan hidup benih ikan secara optimal.

Daftar Pustaka

             Darmanto, Darti S, Adhisa P, Mei RD. 2000. Budidaya Pakan Alami untuk Benih Ikan Air Tawar. Jurnal Penelitian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jakarta 2:15-21.

-Mega Dissa A.-