Forum UPR Kulon Progo

Kegiatan Perikanan Budidaya di wilayah Kabupaten Kulon Progo tidak bisa dipisahkan dari usaha pembenihan ikan.  Kegiatan pembenihan ikan di Kulon Progo secara garis besar dapat dibedakan menjadi: 1) UPR (Usaha Pembenihan Rakyat) yang dilaksanakan baik secara perorangan maupun kelompok (pokdakan), dan 2) BBI (Balai Benih Ikan) milik pemerintan daerah, dimana hanya terdapat 2 BBI yaitu BBI Sendangsari yang merupakan UPT dari DKP (Dinas Kelautan dan Perikanan)  Provinsi D.I. Yogyakarta dan BBI Banjararum yang merupakan UPT Pembenihan Perikanan milik DKP (Dinas Kelautan dan Perikanan) Kabuapten Kulon Progo.

UPR-UPR yang ada di wilayah Kulon Progo, sudah sejak tahun 2014 tergabung dalam Asosiasi “Apik Wihnih Ku (Asosiasi Perbenihan Winih Kulon Progo)” yang didirikan berdasarkan Akta Notaris Theresia Pusvita Dewi, S.H dengan Akta Pendirian Nomor 20 Tanggal 10 September 2014.   Namun keberadaan dan kegiatan “Asosiasi Apik Winih Ku” dalam beberapa tahun terakhir sudah tidak berjalan, padahal di satu sisi keberadaan Asosiasi ini masih sangat diharapkan oleh banyak UPR untuk bisa menjadi wadah dalam menyalurkan aspirasi para UPR se Kabupaten Kulon Progo.

DKP Kulon Progo juga menyadari bahwa keberadaan Asosiasi Apik Winih Ku memegang peranan penting dalam pengembangan dan kemajuan usaha perbenihan di Kulon Progo. Mengingat pentingnya peran dari Asosiasi tersebut, maka mulai tahun 2023 ini DKP Kulon Progo kembali memberikan fasilitasi untuk pelaksanaan pertemuan anggota Asosiasi Apik Winih Ku dalam Forum UPR Kulon Progo, dan sudah 3 kali dilaksankan di tahun ini yaitu: 1) 20 Juni 2023 bertempat di Aula DKP-KP, 2) 10 Agustus 2023 bertempat di RM Sarwo Laris, Wates, dan 3) 24 November 2023 bertempat di Aula DKP KP.

Dari 3 kali pertemuan Forum UPR Kulon Progo, salah satu kesepakan dalam Forum tersebut adalah pembentukan Kepengurusan baru yang akan memimpin jalannya organisasi Asosiasi Apik Winih Ku.  Adapun Ketua terpilih adalah Bapak Ihsanudin dari Ngestiharjo, Wates yang terpilij secara aklamasi pada Forum UPR ke-2 yang berlangsung di RM Sarwo Laris, dengan susunan Pengurus sebagai berikut:

Penasihat : 1. PAIMAN

                  2. WAGIRAN

Ketua      :  1. IHSANUDIN

                  2. ARIS CAHYONO

Sekretaris : 1. NUR ARIF MUSTAFA

                  2. BUDI SANTOSO

Bendahara : 1. MUKTI ROHADI SETIAWAN

                    2. MOKHAMAD KHARIR

Seksi Humas : 12 orang (masing-masing kapanewon diwakili oleh 1 orang)

Sedangkan pada Forum UPR yang ke-3 tanggal 24 November 2023 bertempat di Aula DKP-KP telah dilakukan serah terima Akta Notaris Pendirian Asosiasi Apik Winih Ku dari Ibu Suyani (perwakilan Pengurus sebelumnya) kepada Bapak Ihsanudin (ketua terpilih yang baru) dan selanjutnya Akta Notaris Pendirian Asosiasi diserahkan Bapak Ihsanudin ke pada Bapak Suryadi, S.Kel selaku Kepala bidang Perikanan Budidaya DKP-KP. Selain itu, dalam Forum UPR yang ke-3 ini, disepakati bahwa kedepan Forum UPR Kulon Progo akan dilaksanakan secara rutin per 3 bulan. Forum juga mengamanatkan bahwa keberadaan Asosiasi harus dapat bersinergi dengan DKP-KP khususnya dalam pengusulan fasilitasi bantuan hibah kepada UPR harus didasarkan pada kebutuhan UPR, dimana Asosiasi berperan sebagai verifikator pertama dalam usulan tersebut.

Penulis:

Ade Saepudin, S.Pi., M.M