Festival Gerbang Segoro Tahun 2023 dan Peresmian TPI Congot

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo melalui DAIS (Dana Kaistimewaan) Tahun 2023 melaksanakan Festival Gerbang Segoro dan Peresmian TPI Congot. Kegiatan ini merupakan bentuk program dukungan dari slogan “Bela – Beli Kulon Progo” guna mewujudkan kemandirian pangan dan kemandirian ekonomi Kabupaten Kulon Progo yang berlokasi di Pantai Congot Kulon Progo pada Kamis (21/12/2023). 

Program ini dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu: Cecikal, Bebakal, dan Tetinggal, yakni tahapan untuk menumbuhkan, kemudian mengembangkan, dan memandirikan usaha Bahari kelautan dan perikanan, baik bagi nelayan, pembudidaya ikan maupun pengolah dan pemasar. Dalam sambutannya Pj Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T.,M.T menyampaikan bahwa dari tiga tahapan, telah di implementasikan ke dalam beberapa kegiatan.

Dari tiga tahapan, telah di implementasikan ke dalam beberapa kegiatan diantaranya pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Hebat, revitalisasi Pasar Ikan Sarwolaris, kegiatan Ngulir Budi (Ngupoyo Hulu Hilir Budidoyo Iwak), Jogo Segoro dan Jogokaliku. Pembangunan TPI Hebat menjadi salah satu bukti perhatian pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat bahari Kulonprogo. “Dengan alokasi pembiayaan dari APBD Kulonprogo dan support anggaran Dana Keistimewaan DIY, menjadikan semangat dan semaraknya masyarakat Kulonprogo dalam mengembangkan usaha kelautan dan perikanan," kata Pj Bupati Ni Made pada Festival Gerbang Segoro di Pantai Congot, Kapanewon Temon.

Sementara itu Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X berharap dengan diresmikannya TPI memberikan dampak positif bagi masyarakat.  “Menjadi harapan kita bersama, selain TPI sebagai tempat pelelangan, pemasaran, pengolahan dan kuliner ikan, juga mampu mendukung destinasi wisata dan diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan," jelas Sultan. Dalam kesempatan tersebut, Wagub KGPAA Paku Alam X di dampingi Pj Bupati Ni Made bersama jajaran Forkompimda meresmikan TPI Hebat Congot dengan penandatanganan prasasti serta secara simbolis melakukan penuangan air laut dari empat TPI yang ada di Kabupaten Kulonprogo yaitu TPI Trisik, TPI Bugel, TPI Karangwuni dan TPI Congot.