BAHAYA MEMBERI PAKAN IKAN BERLEBIH (OVERFEEDING)

Pada hari Selasa tanggal 20 Februari 2024 Bidang Perikanan Budidaya melalui sub kegiatan Pengelolaan Kesehatan Ikan dan Lingkungan Budidaya dalam 1 (satu) Daerah Kabupaten/Kota melakukan monitoring kualitas air ke pokdakan di wilayah Kapanewon Sentolo. Salah satu lokasi tujuan yaitu ke Pokdakan Guyub Rukun yang beralamatkan di Tuksono, Sentolo. Pokdakan ini merupakan penerima bantuan hibah Dana Keistimewaan Tahun 2023 dengan komoditas ikan budidaya ikan lele dan ikan gurame. Pada saat pemantauan dilakukan pengecekan kualitas air fisika di lokasi kolam budidaya dengan menggunakan alata Water Quality Checker.

Pada saat kunjungan ditemukan beberapa kolam dengan kondisi banyak sisa pakan yang mengambang dan tidak termakan ikan. Hal tersebut terkadang terjadi karena kurangnya perhatian saat memberikan pakan. Memberi makan berlebih (overfeeding) merupakan salah satu factor penyebab kematian ikan .Overfeeding terjadi disebabkan oleh karena terlalu banyak sisa-sisa makanan yang tidak termakan sehingga membuat limbah yang tersisa selama proses pemberian pakan menjadi meningkat, termasuk feses / kotoran ikan. Dampak yang akan terjadi jika overfeeding antara lain :

  • Air menjadi keruh
  • Kadar ammonia dan nitrat yang tinggi
  • pH rendah
  • Gangguan pencernaan
  • Pertumbuhan algae berlebih
  • Infeksi jamur atau bakteri
  • Kematian ikan

Berikut cara untuk mengatasi overfeeding yang dapat kita lakukan

  1. Atur jadwal untuk memberi makan ikan

Buatlah jadwal makan dan edukasi anggota keluarga tentang jadwal siapa yang bertugas memberi makan, sehingga tidak semua orang memberi makan.

  1. Atur jumlahnya (tidak berlebihan), sebab di alam ikan tidak banyak makan. Pakan yang tidak termakan  akan terurai di dalam air sehingga menyebabkan air menjadi keruh.
    Berikan interval pemberian pakan

Atur interval waktu pemberian pakan, saat memberikan pakan ikan anda berikan jeda beberapa menit sampai pakan termakan semua, jika habis maka lanjutkan dengan pemberian yang kedua. Waktu untuk mengevaluasi pakan tersebut dimakan atau tidak adalah 4-5 menit. Jika lebih dari itu dan ada pakan yang tidak dimakan berarti ikan sudah kenyang sehingga anda harus menghentikan pemberian pakan.

  1. Berikan pakan yang berkualitas baik

Kualitas pakan yang baik dapat berfungsi untuk mencegah ikan dari kondisi malnutrisi. Berikan pakan dengan bentuk dan ukuran sesuai ikan peliharaan 

  1. Bersihkan semua sisa pakan yang tidak termakan

Secepatnya bersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal dengan menggunakan siphon atau seser. Apabila sudah terlanjur overfeeding, dapat mengganti 25% dari air kolam kalian dengan cara siphon di bagian dasar kolam. Selain itu, pakan yang tertinggal dan kotoran yang berlebihan juga akan menyebabkan pembentukan lendir dan kotoran serta bau yang tidak sedap pada kolam. Lendir dan kotoran inilah yang nantinya berpotensi sebagai  pertumbuhan bakteri dan jamur yang menyebabkan penyakit pada ikan. (Melani, S.Pi.)