Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) 2025 Kapanewon Galur

Kulon Progo - (28/02/2024) Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) RKPD 2025 Kabupaten Kulon Progo di Kapanewon Galur yang dilaksanakan di Pendopo Kapanewon Galur. Acara ini dihadiri oleh Panewu Galur, Bappeda Kulon Progo, OPD se-Kabupaten Kulon Progo, Danramil, Kapolsek, BPK, dan Lurah se-Kapanewon Galur serta Perwakilan PKK dan Karang Taruna. MUSRENBANG RKPD merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten/Kota di wilayah Kecamatan/Kapanewon yang bersangkutan. 

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Panewu Galur yaitu Bapak Drs. Sunarya, M.M yang menyampaikan agar acara dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat disetujui oleh semua pihak. Beliau juga berharap agar wakil OPD Kabupaten dapat ikut mencermati usulan-usulan RKPD.

Acara dilanjutkan dengan pengarahan dan sambutan dari Bappeda Kulon Progo yang menyampaikan bahwa tahun 2025 merupakan tahun ketiga Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Kulon Progo tahun 2023-2026. Penyusunan RKPD Kabupaten Kulon Progo tahun 2025 dilaksanakan berdasarkan evaluasi atas pencapaian sasaran pokok daerah yang telah dilaksanakan pada tahun 2023. Berdasarkan hasil evaluasi, terdapat beberapa catatan yaitu Kabupaten Kulon Progo masih menghadapi masalah kesehatan dan gizi, dimana angka stunting masih tergolong tinggi yaitu di angka 14,31% di tahun 2023, persoalan kemiskinan yang tinggi yaitu di angka 15,64%, dan pembangunan infrastruktur yang belum optimal. Dengan evaluasi tersebut, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mengangkat tema MUSRENBANG RKPD 2025 yaitu “Peningkatan Daya Saing Daerah Menuju Perwujudan Kawasan Pertumbuhan”.

Bappeda Kulon Progo juga menyampaikan bahwa dana usulan kegiatan untuk Kapanewon Galur yang didanai oleh APBD Kabupaten tahun 2025 digunakan untuk meningkatkan efektivitas perencanaan pembangunan. Bappeda juga berharap agar yang mengikuti kegiatan MUSRENBANG adalah pihak yang paling memahami permasalahan di Kapanewon Galur. Selain itu, permasalahan yang ada juga dapat disampaikan kepada anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo sesuai dapil wilayahnya, yaitu dapil 5.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian usulan kegiatan prioritas oleh perwakilan dari berbagai perangkat daerah, dilanjutkan dengan tanggapan dan usulan dari seluruh peserta MUSRENBANG serta pengambilan keputusan untuk menyepakati kegiatan RKPD Tahun 2025. Usulan Rencana Pembangunan Tahun 2025 Kapanewon Galur yang ditujukan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo diantaranya adalah pelatihan budidaya teknis perikanan kepada Pokdakan di Pedukuhan Barongan dan Gandu Kelurahan Nomporejo, bantuan benih dan sarana prasarana produksi budidaya ikan kepada Pokdakan di Kelurahan Karangsewu dan Banaran, serta pengembangan pembangunan program desa maritim di Kelurahan Banaran. Acara ini diakhiri dengan pembacaan berita acara hasil kesepakatan MUSRENBANG dan penandatanganan oleh Lurah se Kapanewon Galur. Kegiatan berjalan dengan lancar dan RKPD telah disepakati.

 

Oleh : Kurnia Ratri Assalma (Mahasiswa Magang MBKM UGM)