Dukungan Dana Keistimewaan dalam Rehabilitasi UPI di Poklahsar Sari Lele, Banaran, Galur

Kulon Progo - Tim Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo pada (28/02/2024) melaksanakan Rapat Koordinasi Rehabilitasi Unit Pengolahan Ikan (UPI) di Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Sari Lele. Poklahsar tersebut berlokasi di Jati, Banaran, Galur, Kulon Progo. Poklahsar Sari Lele memiliki 10 anggota yang diketuai oleh Ibu Sudiyah. Produk olahan dari poklahsar ini adalah mangut lele dan lele asap. Rapat koordinasi dihadiri oleh anggota poklahsar, bapak Dukuh, dan perwakilan dari kalurahan.

Kegiatan rapat ini membahas tentang rehabilitasi UPI yaitu program untuk membangun dapur pembuatan produk olahan menjadi lebih modern. Modern yang dimaksud adalah peralatan yang digunakan untuk membuat produk olahan mangut lele dan lele asap. Selain itu, rehabilitasi dari segi bangunan akan dibuat tata kelola ruang dengan pintu yang dibuat satu arah. Harapannya, agar produk dapat diolah di tempat yang bersih, higienis dan aman. Aman yang dimaksud adalah aman dari kontaminasi bakteri, tidak menggunakan pembungkus makanan yang membahayakan konsumen, dan tidak mengandung formalin serta pewarna. Rehabilitasi juga diharapkan mampu menghasilkan produk olahan yang bermutu sehingga produk dapat dikenal dengan branding yang baik.

Dana yang diperoleh untuk melaksanakan rehabilitasi diperoleh dari hibah Dana Keistimewaan (DAIS). Rencananya, program rehabilitasi ini akan dilaksanakan pada Maret 2024 mendatang. Pada rapat koordinasi yang merupakan pengenalan program rehabilitasi juga dilakukan penandatanganan perjanjian dari pihak dinas dan kelompok. Pada perjanjian tersebut tertulis kewajiban yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak. Harapannya, dengan adanya perjanjian dan penandatanganan akan menjadi program yang dapat dilaksanakan dengan baik dari proses pembangunan hingga penggunaan dapur baru setelah direhabilitasi.

Poklahsar Sari Lele juga didaftarkan di Mbizmarket. Mbizmarket merupakan suatu platform bidang pengadaan atau e-procurement yang terdiri dari barang, peralatan, dan mesin. Platform ini menyediakan kebutuhan pengadaan pada dunia usaha. Mbizmarket sangat membantu UMKM seperti poklahsar agar usaha kecil dapat berkembang secara meluas dan dikenal banyak orang. Dengan terdaftarnya Poklahsar Sari Lele di mbizmarket dapat menjadikan olahan produk perikanan seperti mangut lele dan lele asap dapat dikenal oleh banyak masyarakat serta menjadikan produk olahan tersebut sebagai olahan khas daerah Kulon Progo.

Pihak dinas sangat mengharapkan program ini dapat berjalan dengan lancar agar produk olahan lebih bermutu. Olahan yang memiliki kualitas mutu tinggi dapat menarik konsumen untuk terus mengonsumsi olahan ikan. Oleh karena itu, diharapkan pula dapat meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) khususnya di wilayah Kulon Progo. Bapak dukuh dan perwakilan dari kelurahan juga sangat senang dengan adanya program rehabilitasi ini karena dapat menjadi motivasi bagi para pengolah untuk tetap semangat dalam mengembangkan produk olahan ikan, apalagi jika akan membuat diversifikasi produk olahan ikan lainnya selain mangut dan ikan asap serta usaha tersebut dapat dilanjutkan oleh generasi penerusnya. Selain itu, harapan dari mereka agar usaha ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kalurahan Banaran dan sekitarnya.

Oleh: Devi Nurviana Asriningati (Mahasiswa Magang MBKM UGM)