Kunjungan DKP Kulon Progo ke Poklahsar Dwi 888: Langkah Maju untuk Memperpanjang SKP Usaha

Kulon Progo - Pada hari Jum’at (16/02/2024), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kunjungan ke Poklahsar Dwi 888. Kunjungan ini bertujuan untuk memperpanjang Surat Keterangan Pengelolaan (SKP) Usaha bagi para pelaku usaha perikanan di wilayah tersebut. Poklahsar Dwi 888, sebuah sentra produksi olahan hasil perikanan yang terletak di Padukuhan Cekelan, Kalurahan Karangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, telah menjadi pusat kegiatan ekonomi dan budaya bagi masyarakat sekitar. Dengan beragam jenis ikan yang ditawarkan, Poklahsar ini menjadi destinasi utama bagi pedagang ikan lokal maupun pengunjung yang ingin menikmati beragam hasil olahan ikan.

Kehadiran DKP Kulon Progo di Poklahsar Dwi 888 merupakan bagian dari usaha pemerintah untuk memastikan kontinuitas legalitas dan keberlanjutan operasional pelaku usaha perikanan di wilayah tersebut. Perpanjangan SKP Usaha menjadi dasar hukum bagi mereka dalam menjalankan aktivitas perikanan dengan mematuhi regulasi yang berlaku. Saat kunjungan dilakukan, tim dari DKP Kulon Progo mengevaluasi berbagai aspek terkait operasional dan manajemen Poklahsar Dwi 888. Evaluasi mencakup ketersediaan fasilitas pengelolaan ikan, kebersihan lingkungan, prosedur keamanan, dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.

Pada kunjungan tersebut, DKP juga melakukan dialog dengan pelaku usaha Dwi 888 Pengasih. Dialog tersebut bertujuan untuk memahami tantangan dan masalah yang dihadapi oleh pelaku usaha perikanan di daerah tersebut. Tujuan kunjungan ini adalah untuk memperkuat kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan sumber daya perikanan, meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha perikanan, serta menjaga kelestarian lingkungan sekitar Poklahsar Dwi 888. Langkah-langkah konkret yang diambil dalam kunjungan ini akan menjadi dasar untuk perpanjangan SKP Usaha bagi pelaku usaha perikanan, sehingga mereka dapat terus berperan dalam pengembangan sektor perikanan di Kabupaten Kulon Progo.

Oleh:

M. Irfan Maulana Oktavian (Mahasiswa Magang MBKM UGM)