Kawal Terus Pasar Pangan Aman, DKP KP dan Satpol PP melakukan Pemeriksaan Uji Formalin Ikan Asin di

Dalam situasi meningkatkan keamanan pangan, pemeriksaan formalin pada ikan dan pangan asal ikan menjadi hal yang signifikan untuk dilakukan. Pasar Jagalan di Kalurahan Banjaroyo Kapanewon Kalibawang menjadi sorotan dalam upaya pengawasan dan pemantauan terhadap kandungan formalin dalam ikan asin yang diperdagangkan kepada konsumen.

Kulon Progo - Pada hari Kamis (07/03/2024), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulon Progo melakukan kunjungan dan monitoring di Pasar Jagalan. Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk mengumpulkan sampel ikan asin dari berbagai pedagang di pasar dan melakukan uji formalin guna memastikan keamanan produk yang dikonsumsi oleh masyarakat. Kunjungan dimulai dengan pengamatan terhadap proses pengambilan sampel ikan asin yang akan diuji formalin. Tim dari DKP bersama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memilih sampel secara dari beberapa pedagang di pasar. Sampel-sampel ini kemudian diuji apakah positif mengandung formalin atau negatif.

Masih ditemukan sampel ikan asin yang mengandung bahan berbahaya formalin yang dijual di pasar yaitu sampel pada ikan asin jenis petek dan kacangan.

Selain melakukan kegiatan pengujian sampel ikan, Tim DKP dan Satpol PP juga menyampaikan pembinaan keamanan pangankepada pedagang. Salah satunya adalah pentingnya mematuhi peraturan dan regulasi terkait penggunaan formalin dalam pengawetan ikan, serta memberikan pemahaman tentang bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh formalin jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Tujuan dari kegiatan pembinaan ini untuk melindungi kesehatan masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan pangan.

Dengan mengamati dan mengawasi proses uji formalin pada ikan asin di Pasar Jagalan, DKP berharap dapat menjamin bahwa produk ikan yang dijual kepada konsumen adalah aman dan bebas dari kontaminasi formalin. Melalui upaya seperti ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan pasar yang sehat dan aman bagi masyarakat, serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk perikanan lokal. Pasar Jagalan diharapkan menjadi contoh bagi pasar-pasar lainnya dalam menerapkan praktik-praktik terbaik dalam pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan.

Ditulis oleh : M. Irfan Maulana O. (Mahasiswa Magang MBKM UGM)