SOSIALISASI PENERAPAN ENERGI TERBARUKAN

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo berkesempatan dapat mengikuti kegiatan yang digelar oleh Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) bersama dengan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat, kegiatan dilaksanakan di Gedung Tanjung Intan yang bertempat di PT (Persero) Pelabuhan Indonesia atau yang sering disebut dengan Pelindo II Cilacap Jawa Tengah pada Kamis (7/3/2024).

Kegiatan yang diusung dengan tema  “Sosialisasi Penerapan Energi Terbarukan Pada Industri Maritim Untuk Mendorong Tingkat Kemajuan Teknologi Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Dan Peningkatan Kesadaran Keselamatan, Dan Kesehatan Kerja Di Kawasan Pelabuhan Kota Cilacap”. Kegiatan sosialisasi diikuti oleh 100 peserta dari masyarakat nelayan/ dan Dinas Kelautan dan Perikanan  Kabupaten dari Pangandaran Jawa Barat sampai Gunung Kidul DIY  yang dikoordinir oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cilacap.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Wakil Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E, yang mewakili Direktur PIP Semarang, dalam sambutannya berharap kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan manfaat bagi peserta yang hadir dan ini merupakan bentuk nyata dari PIP dalam melaksanakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kami hadir disini tidak untuk menggurui, akan tetapi sedikit berbagi ilmu mengenai apa yang menjadi pengalaman kami baik dari PIP Semarang maupun UNDIP,” pungkas Agus. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Capt. Hapsoro Nugroho, M.M., M.Mar. sebagai Brand Manager PT Pelindo Multi Terminal Tanjung Intan Cilacap, Capt. Khanif Fauzi sebagai Kasi Keselamatan Berlayar dan Penjagaan Patroli KSOP Kelas II Cilacap, serta Ir. Mochammad Facta, S.T., M.T., Ph.D sebagai Ketua Prodi S2 Magister Teknik Elektro DTE Fakultas Teknik Undip.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan paparan materi dari dosen teknik elektro Undip, Trias Andromeda, S.T., M.T., Ph.D dengan materi Sosialisasi Kelistrikan pada Kapal dan Sosialisasi Energi Kelistrikan, paparan selanjutnya dari dosen PIP Semarang oleh H. Amad Narto, M.Pd., M.Mar.E dengan materi Sosialisasi Permesinan pada Kapal, paparan ketiga oleh Dr. dr. Iksiroh Husna dengan materi Sosialisasi Kesehatan Kerja di atas Kapal, dan ditutup oleh Ir. Teguh Purnomo, M.H., M.En, PIA dengan materi Sosialisasi Anti Fouling pada Kapal.

Dalam kegiatan sosialisasi, para peserta dibekali alat tulis untuk mencatat apa yang disampaikan oleh pemateri agar pengetahuan yang didapatkan bisa tercatat, sehingga ilmu yang diterima dapat diberikan kepada sesama nelayan yang tidak dapat hadir. Selain alat tulis, para peserta juga mendapatkan tas punggung, topi, kaos, dan baju pelampung yang dapat dipergunakan sebagai alat keselamatan selama bekerja di saat melaut. Dalam sesi tanya jawab, bagi peserta yang beruntung juga bisa membawa pulang senter LED, jaring ikan, dan cat kapal “Marine Coating”. Salah satu peserta dari Kabupaten Kulon Progo, Dhanang mengungkapkan rasa senangnya dapat mengikuti sosialisasi ini, karena dapat meningkatkan ilmu tentang keselamatan dan  kesehatan kerja dalam penangkapan ikan, juga karena mendapatkan hadiah berupa senter LED, saat mengajukan pertanyaan kepada nara sumber tentang kelistrikan. Kegiatan Sosialisasi ditutup secara resmi oleh Kepala PPPM Dr. Darul Prayogo, M.Pd.

 

Dhanang Novi Widoyoko S.Pt