Literasi Keuangan pada Poklahsar Kulon Progo

Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo senantiasa mendorong pengembangan kelembagaan dan kualitas sumberdaya manusia dari pelaku usaha keluatan dan perikanan. Peningkatan dari sisi kualitas ini diantaranya dilakukan kepada pelaku usaha bidang pengolahan dan pemasaran hasil perikanan (P2HP). Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan kemampuan dalam literasi keuangan. Strategi edukasi sendiri dilakukan dengan jalan pembinaan yang menyasar khusus ke kelompok-kelompok Poklahsar. Kelompok dengan bidang usaha ini dipilih karena pelaku usaha P2HP mempunyai aktivitas perekonomian yang terhubung berbagi pihak.

Edukasi dilakukan fokus di tiap kelompok, dilakukan melalui pembinaan dan pendampingan detail berkaitan dengan berabagai permsalahan tentang keuangan di kelompok.  Literasi keuangan merujuk laman Otoritas Jasa Keuangan berarti peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang memengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan untuk mencapai kesejahteraan keuangan masyarakat. Pada tataran di pelaku usaha, edukasi erat berkaitan dengan pengelolaan keuangan seperti bagaimana laporan produksi, omset dan untung rugi usaha.

Salah satu hasil dari edukasi ini adalah bagaimana poklahsar dapat mengakses sarana pemasaran berbasis online. Seperti diketahui, pelaku usaha P2HP di Kulon Progo secara umum belum melakukan pemasaran online secara maksimal. Pemasaran yang ada selama ini berbasis penjualan-pembelian secara langsung. Metode transaksi langsung ini seperti tatap muka (face to face) sudah dilakukan seperti jual beli di pasar atau di toko. Metode langsung juga bisa dilakukan via online atau menggunakan sarana komunikasi tetapi tetap dengan transaksi secara langsung, contoh: pemesanan via status media sosial, lalu dikirimkan via pos dan pembayaran dengan metode transfer bank.

DKP berusaha memberikan edukasi lebih kepada pelaku usaha agar mampu mengakses pemasaran pasar digital elektronik (marketplace). Salah satu sasaran edukasi adalah marketplace Mbizzmarket, salah satu marketplace dengan produk beragam berbasis pemasaran busines to busines (B2B) berbasis lokal Indonesia. Selama kurun waktu 2023, DKP berhasil memberikan edukasi kepada pelaku usaha untuk dapat menggunakan marketplace ini dengan jalan memberikan pengertian, mendampingi tata cara pembuatan dan memonitor kondisi akun dari marketplace dari pelaku usaha ini. Beberapa pelaku usaha yang berhasil dalam pembuatan adalah Poklahsar Iwakku dari Lendah, Lancar Migunani dari Kokap, Wanita Dengok dari Nanggulan, Siwalan dari Sentolo, Mekar Sari dari Nanggulan, Widuri dari Kalibawang, Lestari dari Lendah, Mekar Asri dari Galur, Pawon Ayu dari Wates, Mbok Daya dari Girimulyo, Putri Congot dari Temon, Mina Serang Barokah dari Pengasih dan Mina Bugel Peni dari Panjatan.

Keberadaan akun Mbizz di kelompok bertujuan meningkatkan peran aktif kelompok dalam pemasaran internet. Hal ini dapat menjadi sarana dari kelompok untuk mengembangkan diri, sebagai peluang investasi dari kelompok, strategi pemasaran untuk meraih pasar yang lebih luas. Kegiatan edukasi dari DKP kepada kelompok dalam tataran literasi keuangan ini semoga turut mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo.

Maju Terus Perikanan Kulon Progo!

Salam KOMPAK: Kompetitif, Profesional, Akuntabel!
GERBANG SEGORO: Siyogo, Sendiko, Mulyo!

 

Kontributor : Isna Bahtiar, S.Kel., M.Ec.Dev.