SOSIALISASI PERPANJANGAN SEWA TANAH UPT PERBENIHAN PERIKANAN

Menindaklanjuti kegiatan Rapat Koordinasi yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kab. Kulon Progo pada tanggal 31 Januari 2024, bahwa tanah kas desa yang disewa oleh Dinas Kelautan dan Perikanan yang digunakan UPT Perbenihan Perikanan telah habis masa sewanya dan dimohon untuk dapat mengajukan permohonan perpanjangan sewa tanah kas desa.

Pada hari Selasa, tanggal 19 Maret 2024 UPT Perbenihan Perikanan mengadakan sosialisasi kepada Masyarakat yang tinggal disekitar UPT Perbenihan Perikanan. Kegiatan sosialisasi tersebut menjadi salah satu syarat untuk mengajukan permohonan perpanjangan tanah kas desa. UPT Perbenihan Perikanan melakukan sewa tanah kas desa pada tahun 2017 dan sewa tanah kas desa tersebut telah habis masanya pada 1 Januari 2024 dan dimohon untuk mengajukan permohonan perpanjangan sewa tanah kas desa tersebut. UPT Perbenihan Perikanan melakukan perpanjangan sewa tanah kas desa sampai dengan 20 tahun yang akan datang, dengan luas lahan yang disewa yaitu seluas 11.522 m2.

Dalam kegiatan sosialisasi perpanjangan tanah kas desa tersebut Kepala UPT Perbenihan Perikanan Ibu Erna Dwi Hastuti, S. Si menyampaikan bahwa pada UPT Perbenihan Perikanan merupakan unit teknis dibawah Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo yang memiliki tugas untuk memproduksi benih ikan, terkait hal tersebut maka apabila Masyarakat sekitar UPT Perbenihan Perikanan yang membutuhkan benih ikan yang akan digunakan untuk kegiatan budidaya ataupun untuk kegiatan lainnya dapat langsung membeli benih ikan di UPT Perbenihan Perikanan.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Bapak Lurah Banjararum, dalam kegiatan sosialisasi tersebut Lurah Banjararum Bapak Warudi memberi arahan dengan disewanya tanah kas desa yang digunakan untuk kegiatan pembenihan ikan, maka UPT Perbenihan Perikanan perlu dioptimalkan pengelolaanya dan Lurah Banjararum juga menyampaikan kepada Masyarakat sekitar apabila membutuhkan benih ikan untuk kegiatan budidaya dapat membeli benih ikan di UPT Perbenihan Perikanan dan tidak perlu membeli benih di tempat pembenihan yang jauh karena untuk membantu eksistensi UPT Perbenihan Perikanan Kulon Progo.