Penyerahan Simbolis Bantuan Sarana Perikanan di Kapanewon Lendah

Pada pelaksanaan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Kapanewon Lendah,  yang dipusatkan di Halaman Kantor Lurah Ngentakrejo, pada Senin (13/05/2024),  PJ Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST, MT  menyerahkan bantuan hibah sarana produksi budidaya perikanan secara simbolis kepada Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) Sumber Ulam yang beralamat di Sumberrejo, Kalurahan Jatirejo, . Penyerahan bantuan hibah juga diberikan kepada Poklahsar IWAKKU dan WADER berupa peralatan unit pengolahan ikan dan rehabilitasi unit pengolahan ikan. Tidak hanya itu, Pj. Bupati Kulon Progo memberikan bantuan sarana prasarana pengawasan sumberdaya perikanan kepada Pokmaswas Kedung Ingas Sidorejo serta bantuan benih ikan berupa ikan tawes sebanyak 1.000 ekor dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo yang akan ditebar di Sungai Rowo Jembangan. Gulurejo, Lendah.

Dalam kesempatan tersebut  Pj. Bupati Kulon Progo menyampaikan bahwa bantuan hibah sarana dan prasarana bagi Pokmaswas, Poklahsar, dan Pokdakan merupakan inisiatif penting yang dirancang untuk memberikan dorongan signifikan pada pembangunan dan kemajuan Program Kabupaten Kulon Progo, untuk mengentaskan angka kemiskinan, karena data menunjukan Kabupaten Kulon Progo mempunyai angka kemiskinan yang tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk mengembangan infrastruktur, tetapi juga untuk memperkuat fondasi ekonomi dan sosial di wilayah.

Tujuan dari bantuan hibah ini adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal, meningkatkan kualitas hidup kelompok, dan menstimulasi pembangunan ekonomi lokal melalui peningkatan fasilitas yang telah diberikan. Harapannya dengan adanya dukungan dan kolaborasi penuh dari semua pihak,  Dengan bantuan tersebut  dapat secara bertahap mengatasi tantangan dan bergerak menuju masa depan yang lebih maju dan berkelanjutan serta kuat secara ekonomi dan sosial yang dapat memberikan kesejahteraan yang lebih besar bagi kelompok maupun masyarakat di Kulon Progo.