Membangun Semangat Gotong Royong Melalui BBGRM di Kapanewon Pengasih

Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) merupakan suatu gerakan nasional yang telah dicanangkan dan diperingati sejak tahun 2003. BBGRM adalah nilai-nilai gotong royong kerja sama dengan masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan. Penyelenggaraan BBGRM dilakukan degan prinsip dari, oleh, dan untuk masyarakat dengan memperoleh dukungan/bantuan dari lembaga dan pemerintah.

Pada hari Senin (13/5/24), Staff Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP), Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo turut hadir dalam kegiatan BBGRM di Kapanewon Pengasih, Kulon Progo. BBGRM di Kapanewon Pengasih dilaksakan di Kirana Edutainment Park dengan tema “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Optimalkan Peran Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan Sebagai Mitra Pemerintah Kalurahan. Kegiatan ini turut dihadiri Pj Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T., M.T.

Acara ini dibuka dengan penampilan karawitan dari Sanggar Seni dan Budaya Sekar Cah Enom yang merupakan kelompok seni dari Desa Karangsari. Iringan suara karawitan menyambut kedatangan Pj Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T., M.T. Sebelum acara inti dimulai, beliau berkunjung ke stan UMKM untuk melihat dan membeli aneka produk yang dijual. Salah satu UMKM binaan DKP Kulon Progo juga turut hadir dalam pameran, yakni Poklahsar Sidiq Rizal yang menjual produk olahan ikan wader krispi.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Panewuh Pengasih, Bapak Triyanto Raharjo, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa masyarakat di Pengasih memiliki semangat yang luar biasa terhadap kegiatan ini. Salah satunnya yaitu masyarakat melakukan bersih-bersih untuk menumbuhkan semangat gotong royong. Bentuk gotong royong yang lain pada Desa Karangsari yaitu terciptanya kolaborasi antara sektor privat dan masyarakat dalam mengelola Kirana Edutainment Parik ini. Pada kesempatan yang sama beliau juga menjelaskan beberapa prestasi yang didapat oleh Desa di Kapanewon Pengasih serta inovasi-inovasi yang dikembangkan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian bantuan secara simbolis oleh Pj Bupati Kulon Progo. Salah satu bantuan tersebut merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo yang diberikan ke Pokmaswas, Pokdakan, dan Poklahsar. Bantuan tersebut berupa sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan, seperti pada Poklahsar berupa alat untuk mengolah produk hasil perikanan. Bantuan lain yaitu dari Dinas Kesehatan berupa susu Formula100 untuk mencegah stunting. Selain itu juga pembagian bantuan untuk peternakan dan juga pertanian. Setelah pembagian bantuan, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Pj Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T., M.T. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada masyarakat tentang bagaimana memaknai arti gotong royong. Selain itu beliau juga berterima kasih atas kerja samanya selama ini yang membawa Kulon Progo dapat ditunjuk sebagai Kabupaten percontohan anti korupsi di tingkat nasional.

Kontributor : Elok Faiqoh, S.Pi