BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT (BBGRM) DI KAPANEWON KALIBAWANG

Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang dilaksanakan di Kapanewon Kalibawang  pada hari Rabu (157/5/2024) merupakan kegiatan putaran kelima kegiatan BBGRM pda tahun 2024. Sebelumnya kegiatan BBGRM telah dilaksanakan di Kapanewon Sentolo, Lendah, Nanggulan, Girimulyo, Galur, Kokap,Panjatan, Pengasih. Tema kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun ini yaitu “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Optimalkan Peran Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan sebagai Mitra Pemerintah Kalurahan”.

Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tersebut dilaksanakan dengan rute lokasi pertama adalah peninjauan pembangunan saluran drainase di Pedukuhan Kedondong 1, Kalurahan Banjararum. Lokasi 2 penanaman pohon kelengkeng di kebun buah dan peninjauan balai ternak domba Berkah Harjo di Kelurahan Banjarharjo,kemudian dilanjutkan peresmian gedung rawat inap di Puskesmas Kalibawang dan untuk lokasi terakhir adalah di Gedung Serbaguna Kalurahan Banjarharjo.

Dalam kegiatan tersebut Pj Bupati Kulon Progo, Ibu Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST., MT., menyerahkan bantuan secara simbolis kepala kelompok binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo diantaranya yaitu Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar), Kelompok Masyarakat  Pengawas (Pokmaswas), dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan). Bantuan yang diberikan kepada Poklahsar Keluarga Sakinah (Pantog kulon, Banjaroyo, Kalibawang) tersebut berupa Bantuan Sarana dan Prasarana Pengolahan Ikan yang meliputi: baskom, blender, chest freezer, chooper daging, cool box, food vacuum sealer, kompor gas 2 tungku, oven, panci, penggiling daging, pisau, presto, serok, sotil, spinner, tabung gas 12 kg, timbangan digital dan wajan. Selain itu, bantuan yang diberikan kepada Pokmaswas Komej (Banjararum, Kalibawang) berupa Bantuan Sarana Prasarana Pengawasan Perikanan yang meliputi : handy talki, teropong, sepatu boot, senter, jas hujan, papan larangan dan rompi. Kemudian Pokdakan Mina Putri Mandiri , yang merupakan Pokdakan beranggotakan Wanita yang beralamat di Padaan Ngasem, Banjarharjo, Kalibawang mendapatkan bantuan hibah berupa Kolam Bulat diameter 2m sejumlah 15 unit, Benih gurami 250 ekor, Benih Lele 5.000 ekor, Pakan Ikan 664 Kg, pH Meter 1 buah, Termometer 1 Buah, Probiotik 5 Botol (Probiotik Pakan dan Probiotik Air).

Kalurahan Banjarharjo merupakan salah satu pemasok lele konsumsi di Kabupaten Kulon Progo dengan adanya 9 kelompok pembudidaya ikan di wilayah tersebut. Menurut Ibu Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST., MT., yang perlu diperhatikan adalah masalah stunting karena stunting dan kemiskinan ini adalah seperti sebuah mata uang yang saling berdampingan. Dengan tumbuhnya perikanan diharapakan dapat memenuhi gizi masyarakat dan meningkatkan perekonomian keluarga. (Melani C.)