SEMANGAT KEBERSAMAAN DALAM BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT DI KAPANEWON TEMON DAN WATES

Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang diselenggarakan di Kapanewon Temon dan Wates pada hari Kamis (16/5/2024) yang merupakan lokasi terakhir dari kegiatan BBGRM pada tahun 2024. Tema kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun ini yaitu “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Optimalkan Peran Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan sebagai Mitra Pemerintah Kalurahan”. Awalnya, Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tersebut di Kapanewon Temon. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sangat meriah dan tertib. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi peninjauan pembangunan jalan yang ada di Kalurahan Palihan, penyerahan bantuan secara simbolis ke Pokmaswas Laguna Glagah, penyerahan kartu identitas anak, kunjungan UMKM di Kalurahan Kedundang, dan vaksinasi hewan ternak.

Penyerahan bantuan simbolis kepada Laguna Glagah yang merupakan kelompok binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo tersebut diharapkan memiliki dampak positif bagi Pokmaswas Laguna Indah. Dengan adanya bantuan sarana prasarana pengawasan perikanan, produktivitas anggota kelompok Laguna Glagah lebih meningkat lagi. Harapan besar disematkan pada masa depan Laguna Glagah pasca penyerahan bantuan tersebut. Pemerintah berharap agar kelompok binaan ini dapat menerapkan ilmu dan fasilitas yang diberikan dengan baik, sehingga mampu menjadi model keberhasilan bagi kelompok lain. Kerjasama antara pemerintah dan masyarakat seperti ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat untuk masa depan yang lebih baik.

Kegiatan BBGRM juga diselenggarakan di Kapanewon Wates tepatnya di Beji, Kalurahan Wates. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi peninjauan budidaya magot, kunjungan ke Kelompok Wanita Tani Ngudi Rejeki, dan penebaran benih ikan (restocking). Dalam kegiatan ini, Pj. Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST., MT., menyerahkan secara simbolis benih ikan nila kepada Kalurahan Wates. DIlakukan pula penebaran benih ikan nila sebanyak 8000 ekor di lokasi pemancingan Beji RW 002 Kalurahan Wates. Diharapkan, dapat menjaga kebersihan lingkungan dan pelestarian sumber daya ikan, sekaligus menjadikan sungai atau perairan umum sebagai sumber kehidupan termasuk menjadikan ikan sebagai salah satu solusi dalam peningkatan gizi masyarakat.

Penulis : M. Irfan Maulana O. (Mahasiswa Magang MBKM UGM)