Survey Calon Lokasi Blumbang, Langkah Awal Meningkatkan Keberhasilan Pemberdayaan Pokdakan Wanita

Dibawah kepemimpinan Bapak Ir. Trenggono Trimulyo, M.T selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo (DKP-KP),  upaya peningkatan dan pengembangan perikanan budidaya -khsusunya budidaya ikan air tawar - terus dilaksanakan demi keberlanjutan pembangunan perikanan budidaya dan pemberdayaan pokdakan (kelompok pembudidaya ikan) beranggotakan wanita melalui pelaksanaan Program GerBang SeGoRo (Gerakan Membangun dengan Semangat Gotong royong) yang mulai digulirkan pada Maret 2022 tahun lalu. 

Salah satu upaya untuk melaksanakan keberlanjutan program pengembangan perikanan budidaya adalah dengan pemberian bantuan hibah “Sarana Produksi Budidaya Ikan untuk Pokdakan Wanita dengan Blumbangku”. Indikator keberlanjutan terlihat dari upaya DKP-KP untuk terus mengusulkan kegiatan bantuan hibah dengan sumber anggaran dari “DANA KEISTIMEWAAN”. Terkait hal itu, pada anggaran perubahan ke-1 (Redesain I DAIS 2024), DKP-KP mengusulkan sebanyak 11 pokdakan agar mendapat fasilitasi bantuan sarana produksi budidaya ikan.

DKP-KP, sejak tahun 2022, terus berupaya untuk dapat meningkatkan keberhasilan pelaksanaan kegiatan bantuan hibah sarana produksi budidaya untuk pokdakan wanita.  Salah satu upaya tersebut adalah dengan melakukan survey verifikasi kelayakan calon lokasi kolam dari salah satu calon penerima bantuan hibah, yaitu Pokdakan MINA SELARAS yang beralamat di Padukuhan Dlingo Kalurahan Banyuroto Kapanewon Nanggulan. Survey dilakukan pada Selasa/7 Mei 2024 oleh tim teknis budidaya DKP-KP untuk menilai kelayakan calon lokasi Pembangunan kolam bulat. Ada pun hasil survey menunjukkan bahwa calon lokasi yang disiapkan oleh Pokdakan MINA SELARAS dinyatakan layak secara teknis, hal ini berdasarkan 3  aspek, yaitu: 1) ketersedian sumber air budidaya yang cukup (terdapat 3 sumur disekitar lokasi), 2) calon lokasi kolam mendapat sinar matahari yang cukup karena merupakan area lahan terbukan, dan 3) lokasi cukup aman karena berada disekitar pemukiman penduduk.

Kontributor: Ade Saepudin, S.Pi., M.M.