SURVEY LOKASI BANTUAN SARANA DAN PRASARANA BUDIDAYA IKAN GURAME DAN LELE

Kulon Progo - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo melakukan survei lokasi untuk bantuan sarana dan prasarana budidaya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari verifikasi administrasi Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dana Keistimewaan yang ditujukan untuk kelompok budidaya ikan (Pokdakan) Sumber Mina di Kebonharjo Samigaluh, Pokdakan Mina Balon di Banguncipto Sentolo, dan Pokdakan Sumber Ulam di Jatirejo Lendah, pada hari Senin, 20 Februari 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh staf bidang perikanan budidaya, penyuluh perikanan Kab. Kulon Progo, dan anggota kelompok budidaya ikan yang dituju.

Menurut Ade Saepudin S.Pi., M.M., kegiatan survei lokasi ini dilaksanakan untuk memastikan pemilihan dan penentuan lokasi yang tepat untuk pelaksanaan bantuan sarana dan prasarana budidaya ikan lele dan gurame. “Penentuan lokasi harus memenuhi kriteria yang disyaratkan, diantaranya terdapat ketersediaan air, sinar matahari yang cukup, dan aman dari hama alami  maupun dari pencurian”, tambahnya. Sarana dan prasarana yang diberikan bantuan untuk budidaya ikan meliputi kolam terpal full set, pakan ikan, dan bibit ikan. Dengan adanya bantuan sarana dan prasarana ini, memiliki manfaat bagi pokdakan, diantaranya peningkatan produksi dan kualitas hidup baik anggota pokdakan maupun masyarakat sekitar.

Bantuan sarana dan prasarana budidaya ikan ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan produksi dan kesejahteraan pembudidaya. Dengan survey lokasi yang akurat dan bantuan yang tepat sasaran, diharapkan industri budidaya ikan di Kabupaten Kulon Progo dapat berkembang pesat. Semua pihak, baik pemerintah maupun swasta harus bekerja sama untuk memastikan program ini berkelanjutan.

Penulis : M. Irfan Maulana O. (Mahasiswa Magang MBKM UGM)