Bazar Produk Olahan Ikan Dalam Rangka KOLABERJAYA 2024

Kulon Progo - Pada hari Kamis (07/06/2024), Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo menyelenggarakan bazar UMKM kuliner hasil olahan ikan yang berlangsung di Pasar Ikan Sarwo Laris dalam rangka “Kola Berjaya”. Kolaberjaya adalah akronimdari Kolaborasi Bersama agar Kelompok Berjaya, yaitu Gerakan Pendampingan Kelompok Penerima Hibah Sarana Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan tahun 2024 pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo.  Pelaksanaan gerakan pendampingan kelompok ini dilakukan dengan kolaborasi dengan pihak lain terkait yang memiliki kewenangan dibidang yang dibutuhkan oleh kelompok penerima bantuan hibah. Kepala Bidang Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP), Ghufron Said Priyono, S.Pi., penggagas Kolaberjaya mengatakan bahwa gerakan inovasi ini penting agar pendampingan kelompok dilakukan secara komprehensif, lengkap dan tuntas.

Bazar produk olahan ikan ini dirancang untuk mempromosikan produk olahan ikan lokal, meningkatkan ekonomi lokal, serta memberikan dukungan kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di bidang kuliner. Promosi ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat konsumen terhadap produk-produk lokal, serta mendorong konsumsi ikan sebagai sumber protein bersama.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 30 peserta dari warga Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo serta masyarakat poklahsar digelar bersamaan dengan kegiatan senam pagi rutin pada minggu pertama dan ketiga setiap bulannya yang dipimpin oleh kelompok sanggar senam “Puspita”. Kegiatan ini juga digunakan untuk mengkampanyekan Gerakan Gemar Makan Ikan, yang diharapkan dapat menjadi langkah kecil dalam mengurangi stunting. Warga masyarakat dapat menemukan beragam produk dari olahan ikan yang inovatif dan unik, mulai dari ikan frozen, ikan segar, geblek ikan, keripik ikan, tahu bakso ikan, sempol ikan, dan lain sebagainya.

Respon dari para pengunjung sangat positif dan antusiasme terlihat jelas sepanjang acara berlangsung. Pengunjung tidak hanya datang untuk membeli produk olahan ikan, tetapi juga untuk menikmati suasana bazar yang meriah ditambah dengan berolahraga pagi seperti kegiatan senam. Banyak pengunjung yang mengaku senang dapat menemukan produk dengan cita rasa unik yang selama ini jarang mereka temukan di pasaran.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo menunjukkan komitmennya dalam mendukung perekonomian lokal dengan menyelenggarakan acara ini. Dengan dukungan yang berkelanjutan dari dinas, produk olahan ikan lokal diharapkan dapat lebih bersaing di pasar nasional dan internasional, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Penulis: M. Irfan Maulana O. (Mahasiswa Magang UGM)