FORUM GROUP DISCUSSION antar KUB se - Kulon Progo

Forum group discussion (FGD) antar KUB se-Kulon Progo merupakan wadah bagi nelayan Kulon Progo yang bertujuan untuk berbagi ilmu dan berbagi pengalaman dalam kegiatan penangkapan serta mengetahui perkembangan KUB yang ada di Kulon Progo dengan metode diskusi antar KUB. Kegiatan ini lebih dititikberatkan pada keaktifan nelayan untuk berdiskusi menyampaikan pendapat mereka seputar penangkapan ikan. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa 24 Juli 2018 dihadiri oleh 25 peserta yang merupakan nelayan aktif di Kulon Progo dan masuk dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Kulon Progo.

Salah satu narasumber dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo, Ir. Prabawa Suganda menyampaikan umumnya masyarakat dalam membuat sebuah kelompok hanya mengandalkan rasa saling percaya tanpa adanya perjanjian hitam di atas putih. Seiring berjalannya waktu, rasa iri dan saling tidak percaya akan timbul ketika ada suatu hal yang menurut mereka kurang adil, sehingga kelompok tersebut terpecah belah. Itulah pentingnya dibuat anggaran dasar dan anggaran rumah tangga dalam sebuah kelompok. Juga perjanjian mengenai adanya bagi hasil dan lainnya. Di Kulon Progo sudah terbentuk 4 koperasi berkaitan dengan KUB yaitu di Jangkaran, Trisik, Karangwuni dan LEPPM3 Wates.

Puncak acara pada kegiatan ini adalah diskusi antar peserta. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan diberikan tema untuk dikembangkan tiap kelompok, meliputi diversifikasi usaha KUB, permasalahan KUB, solusi permasalahan dan harapan KUB tentang permasalahan tersebut. Kemudian tiap-tiap kelompok mempresentasikan pendapat mereka masing-masing di depan seluruh peserta FGD. Rata-rata yang menjadi pembahasan adalah kurang-aktifnya anggota KUB ketika diajak rapat bersama, kondisi alam dan pola hidup nelayan serta bantuan peralatan untuk nelayan.